Begini Dampak Yang Ditimbulkan Stress Pada Tubuh Kita

Sedang Populer

Warnabiru.com - Kita harus tahu dampak yang ditimbulkan stress pada tubuh kita terutama pada berat badan, bisa turun drastis jadi kurus atau malah sebaliknya, rakus melahap makanan hingga bobot timbangan bertambah.

Keduanya sama sama berdampak negatif bagi kesehatan terutama pada saat kondisi pandemi seperti ini yang menuntut pikiran dan tubuh yang selalu prima.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Rumah Sakit YASRI, Citra Fitri Agustina, seperti dikutip dari laman NU Online, Minggu 13 Februari.

“Iya, turunnya berat badan seseorang, bisa dipicu karena stres,” ujar dr Citra.

Lebih lanjut, perilaku stres dan cemas berlebihan, dapat mengganggu metabolisme tubuh serta kebiasaan makan seseorang.

Apalagi jika seseorang tadi, berada di perantauan, sendirian di kamar kontrakan harus mengalami, istilah jaman anak now, shit happen, tiba tiba diputus pacar atau kena pengurangan karyawan.

Menumpuknya awan kelabu dalam hati tadi, karena sudah tidak tertampung logika yang ada di ruang kepala.

Maka, karena tidak dikelola dengan baik, imbasnya si fulan tadi tidak berselera makan, bersedih lantas berlanjut malas beraktivitas dengan mengurung di kamar, terkungkung oleh sempit dan dinginnya ruang yang mereka rasakan waktu itu.

Selain stres jadi penyumbang kasus yang menyebabkan penurunan berat badan, dr Citra lulusan Universitas Indonesia yang pernah menjabat Sekretaris Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Periode 2015-2021 tersebut berujar jika pada beberapa kasus lainnya stres bahkan memicu terjadinya obesitas.

Saat tertimpa masalah atau mendapatkan tekanan yang tidak mengenakkan secara tiba tiba, kelenjar adrenal melepaskan hormon kortisol. Hormon stres ini juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

BACA JUGA:  Ketentuan Baru Kemenhub Tentang Perjalanan Udara Domestik Berlaku Mulai 8 Maret 2022

“Ketika kita berada dalam kondisi tegang, tidurpun berkurang sehingga tekanan darah bisa naik. Saking khawatirnya, seseorang malah memantik rasa lapar, ingin melahap segala macam makanan dan voila jadi gemuk dalam waktu singkat," imbuhnya

Ada juga, contoh kasus yang menyebutkan saat dilanda rasa cemas yang meningkat justru sakit. Muncul keluhan kepala terasa sakit, perut tidak enak dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Hemat Belanja Online Kagak Bikin Kantong Jebol

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Rekomendasi Untuk Anda

Sedang Populer