4 Manfaat Bermain Catur Bagi Kesehatan Anak Dan Lansia

Sedang Populer

Warnabiru.com - Bermain catur punya banyak manfaat di antaranya, meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, mengasah kreativitas sampai 4 di antaranya berguna untuk kesehatan anak dan lansia, apa saja?

Sebelumnya, pasti sudah pada tahu, ketika bermain catur, saat itu pula kita melatih diri untuk melihat dari sudut pandang orang lain.

Notabene bisa digunakan untuk mengantisipasi langkah bidak lawan, dan akhirnya, kebiasaan tersebut membuat kita matang dalam hal  perencanaan.

Ahli menyebutnya perilaku tersebut dengan Theory Of Mind. Dimana ketika tidak sedang berhadapan dengan lawan catur, sifat-sifat tersebut tanpa disadari bisa membangun rasa empati serta hubungan sosial yang sehat.

Nah, 4 manfaat bermain catur bagi anak anak dan lansia adalah:

1. Dapat mencegah penyakit demensia

Ahli sudah melakukan penelitian yang akhirnya menemukan hubungan bermain catur dengan penurunan risiko penyakit demensia.

Data tersebut termuat dalam sebuah studi yang dirilis The New England Journal of Medicine, dimana lansia berusia 75 tahun ke atas yang kerap bersantai namun masih beraktivitas seperti bermain catur.

Ada kecenderungan, mengalami penundaan berkembangnya gejala demensia dibanding mereka yang tidak.

2. Meredakan gejala ADHD

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas, merupakan kondisi medis yang umumnya dialami oleh anak-anak.

Dan, anak laki-laki lebih berisiko mengidap ADHD dibanding perempuan, biasanya akan terlihat pada awal tahun bersekolah.

Ahli menyebutkan jika pasien ADHD yang ikut dalam penelitian mengalami penurunan gejala ADHD sebanyak 41 persen setelah bermain catur dari hasil tersebut dianggap efektif.

3. Meredakan serangan panik

Meski masih butuh studi lanjutan untuk membuktikan konsistensi hasil. Namun, riset sebelumnya yang menyertakan sekelompok penderita serangan panik untuk bermain catur.

BACA JUGA:  5 Cara Menjadi Pengendara Sepeda Gunung yang Baik

Lewat aplikasi di smartphone dimana level kesulitan disesuaikan dengan kemampuannya memecah atau mengalihkan perasaan panik peserta.

Hingga pada akhirnya, pada akhir tes, memperlihatkan, dalam kondisi demikian mereka mampu mendapatkan ketenangan serta serangan rasa panik berlebihan dapat diredam.

Sayangnya, tidak disebutkan kelompok usia berapa peserta uji serangan panik tersebut.

4. Baik untuk tumbuh kembang kognitif serta mental anak

Terakhir, masih dari hasil sebuah studi yang menyatakan, bermain catur dapat meningkatkan kemampuan anak-anak untuk memecahkan masalah, bersosialisasi serta membangun cara berpikir mereka sejak dini.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sedang Populer