Seberapa Besar Gigabyte, Terabyte Dan Petabyte Di Dunia Nyata?

Sedang Populer

Warnabiru.com - Kita pasti pernah mendengar istilah gigabyte, terabyte, atau petabyte sebelumnya, tetapi seberapa besar atau banyak mereka ketika menempati ruang penyimpanan di dunia nyata?

Brady Gavin, diploma di bidang Ilmu Komputer dari Camosun College di Victoria, BC, telah mendalami teknologi selama 15 tahun dan menulis lebih dari 150 tutorial dan penjelasan terperinci. Membahas semuanya, mulai dari peretasan registri Windows 10 hingga kiat peramban Chrome.

Pada tahun 2018 silam pernah membahas hal tersebut sekalian tidak ada salah, bernostalgia sekaligus memahami lebih lanjut dengan cara sederhana.

Kata-kata seperti byte, megabyte, gigabyte, dan petabyte semuanya mengacu pada jumlah penyimpanan pada ruang digital. Dan, orang awam kadang bingung dengan istilah seperti megabit dan gigabit.

"Sangat berguna untuk mengetahui dengan tepat apa arti istilah-istilah ini (dan bagaimana istilah tersebut saling berkaitan) saat membandingkan ukuran penyimpanan pada hard drive, tablet serta perangkat penyimpanan flash. Bermanfaat juga ketika kita ingin membandingkan kecepatan transfer data jika ingin berbelanja untuk layanan internet atau peralatan jaringan," papar Gavin.

Bit, Byte, dan Kilobyte

Pertama, mari kita lihat dasar-dasar penyimpanan digital dengan beberapa kapasitas tingkat yang lebih rendah.

Unit penyimpanan terkecil disebut bit (b). Itu hanya mampu menyimpan satu digit biner—baik 1 atau 0.

Ketika kita merujuk ke bit, terutama sebagai bagian dari kata yang lebih besar, kita sering menggunakan huruf kecil “b” sebagai gantinya. Misalnya, satu kilobit adalah seribu bit, dan satu megabit adalah seribu kilobit. Sering juga menyingkat 45 megabit, menjadi 45 Mb.

BACA JUGA:  Nguri Uri Budaya, Pasbuja Kawi Merapi Gelar Gladhen Menulis Bahasa Jawa

Satu langkah di atas bit adalah byte (B). Satu byte adalah delapan bit, cukup untuk menyimpan satu karakter teks. Dan, menggunakan huruf kapital "B" sebagai bentuk singkatan dari byte. Misal, dibutuhkan sekitar 10 B untuk menyimpan kata rata rata.

Langkah selanjutnya dari satu byte adalah satu kilobyte (KB), yang setara dengan 1.024 byte data (atau 8.192 bit). Biar mudah kilobyte disingkat menjadi KB, jadi, misalnya, dibutuhkan sekitar 10 KB untuk menyimpan satu halaman teks biasa.

Megabyte (MB)

Ada 1.024 KB dalam satu megabyte (MB). Sekitar akhir 90-an, konsumen produk biasa seperti hard drive, jamak mendengar ukuran penyimpanan dalam MB. Berikut beberapa contoh seberapa banyak dapat menyimpan dalam rentang MB:

1 MB = Sebuah buku 400 halaman

5 MB = Rata-rata lagu mp3 yang diputar selama 4 menit

650 MB = 1 CD-ROM dengan 70 menit audio

Sobat warnabiru akan melihat banyak angka 1.024 pada bahasan berikutnya. Biasanya, setelah tahap kilobyte, setiap pengukuran penyimpanan berturut-turut adalah 1.024 dari apa pun pengukuran yang lebih rendah berikutnya. 1.024 byte adalah satu kilobyte; 1.024 kilobyte adalah satu megabyte; dan seterusnya.

Gigabyte (GB)

Jadi, tidak mengherankan jika ada 1.024 MB dalam satu gigabyte (GB). GB masih sangat umum ketika mengacu pada tingkat penyimpanan produk konsumen. Meski sebagian besar hard drive biasa diukur dalam terabyte akhir-akhir ini, hal-hal seperti drive USB dan banyak solid state drive masih diukur dalam gigabyte.

BACA JUGA:  Terkait Investasi Bodong, PPATK Bekukan 77 Rekening Senilai 28,24 Miliar Rupiah

Beberapa contoh dunia nyata:

1 GB = sekitar 10 yard buku di rak

4,7 GB = Kapasitas satu disk DVD-ROM

7 GB = Berapa banyak data yang kita gunakan per jam saat streaming video Netflix Ultra HD

Terabyte (TB)

Ada 1.024 GB dalam satu terabyte (TB). Saat ini, TB adalah unit pengukuran yang paling umum ketika berbicara tentang ukuran hard drive biasa.

Beberapa contoh dunia nyata:

1 TB = 200.000 lagu berdurasi 5 menit; 310.000 gambar; atau film senilai 500 jam

10 TB = Jumlah data yang dihasilkan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble per tahun

24 TB = Jumlah data video yang diunggah ke YouTube per hari di tahun 2016

Petabyte (PB)

Ada 1.024 TB (atau sekitar satu juta GB) dalam satu petabyte (PB). Jika tren berlanjut, petabyte kemungkinan akan menggantikan terabyte sebagai ukuran standar untuk penyimpanan tingkat konsumen di masa mendatang.

Contoh dunia nyata:

1 PB = 500 miliar halaman teks yang diketik standar (atau 745 juta floppy disk)

1,5 PB = 10 miliar foto di Facebook

20 PB = Jumlah data yang diproses oleh Google setiap hari pada tahun 2008

Exabyte (EB)

Ada 1.024 PB dalam satu exabytes (EB). Raksasa teknologi seperti Amazon, Google, dan Facebook (yang memproses jumlah data yang tidak terpikirkan) satu-satunya pihak yang mengkhawatirkan ruang penyimpanan semacam ini pada saat ini.

BACA JUGA:  Mudik Kena Tilang, Pakai Mobil Rentalan Pula, Dendanya Siapa Yang Bayar?

Di tingkat konsumen, beberapa (tetapi tidak semua) sistem file yang digunakan oleh sistem operasi saat ini memiliki batas teoretisnya di suatu tempat di exabyte.

Contoh dunia nyata:

1 EB = 11 juta video 4K

5 EB = Semua kata yang pernah diucapkan manusia

15 EB = Total perkiraan data yang dipegang oleh Google

Daftar ini bisa berlanjut, tentu saja. Tiga kapasitas berikutnya dalam daftar (bagi Anda yang penasaran) adalah zettabyte, yottabyte, dan brontobyte.

Tapi sejujurnya, ketika melewati exabytes, kita mulai masuk ke kapasitas penyimpanan astronomis yang tidak memiliki banyak penerapan di dunia nyata saat ini.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Rekomendasi Untuk Anda

Sedang Populer