5 Perbedaan WhatsApp Biasa dan WhatsApp Bisnis yang Harus Kamu Ketahui

Sedang Populer

Warna Biru Media
Sumber Inspirasi dan berita terpercaya

WARNABIRU.com - Salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan oleh pebisnis untuk mengembangkan usahanya mulai dari berkomunikasi dengan konsumen, menawarkan produk hingga membuat perjanjian jasa adalah WhatsApp. Ya, aplikasi ini memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Usut punya usut, kebanyakan orang menggunakannya karena merasa penggunaannya mudah, banyak fasilitas yang bisa membantu supaya berkomunikasi menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, sebuah usaha penting memiliki aplikasi WhatsApp sebagai media berkomunikasi dengan konsumen dan calon konsumen. Supaya lebih profesional gunakan WhatsApp bisnis yang banyak fiturnya bisa membantu Anda mengembangkan usaha.

Apa sih yang membedakan WhatsApp biasa dengan WhatsApp bisnis. Daripada penasaran, berikut 5 perbedaan WhatsApp biasa dan WhatsApp bisnis yang harus kamu ketahui. Simak dengan teliti!

1. Perbedaan Tujuan Penggunaannya

Perbedaan yang pertama tentu sudah bisa dilihat dari namanya, WhatsApp bisnis diperuntukan untuk orang-orang yang hendak menjalankan dan mengembangkan bisnis. Sementara itu, WhatsApp biasa digunakan untuk individu yang hendak berkomunikasi secara pribadi, atau tidak melibatkan nama bisnis manapun.

Bisa saja sih, pengguna bisnis menggunakan WhatsApp biasa untuk berjualan dan berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan, tetapi tentu tidak akan semaksimal ketika menggunakan WhatsApp bisnis. Karena memang tujuan perancangannya berbeda, termasuk juga fitur yang tersedia di dalamnya.

2. Perbedaan pada Fiturnya

Adanya perbedaan tujuan membuat WhatsApp biasa dan bisnis memiliki fitur yang berbeda. WhatsApp biasa memiliki fitur yang dirancang untuk memudahkan individu berkomunikasi dengan orang lain. Bisa dengan sesama individu ataupun dengan grup.

Terdapat fitur pesan teks, pesan suara, gambar, stiker, panggilan suara dan video hingga status. Kamu bisa membentuk personal branding menggunakan fitur di atas. Sementara itu, sedikit berbeda dengan fitur biasanya, WhatsApp bisnis memiliki layanan tambahan untuk mengembangkan bisnis. Seperti fitur profil bisnis yang bisa Kamu gunakan untuk memuat berbagai informasi usaha mulai dari jam operasional, deskripsi, alamat email hingga katalog bisnis yang sudah dipersiapkan.

BACA JUGA:  Cara Menonaktifkan Whatsapp Otomatis Download Media

Tak hanya itu, karena dirancang memang untuk kebutuhan usaha, terdapat fitur pesan selamat datang jadi orang yang menghubungi usaha Kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan respon admin. Responnya cepat dan tepat sasaran.

WhatsApp bisnis juga memiliki fitur broadcast yang memudahkan mengirimkan penawaran kepada konsumen potensial lebih banyak di waktu yang sama. Belakangan dikembangkan suatu fitur yang benar-benar memudahkan pemilik bisnis menjalankan usahanya, yaitu WhatsApp Payment.

Memang, fitur WhatsApp Payment ini masih dalam tahap uji coba dan perbaikan di Indonesia sehingga belum banyak yang menggunakannya. Tetapi ini justru menjadi peluang karena dengan mengetahui informasi ini lebih awal persiapan lebih matang.

WhatsApp Payment memudahkan transaksi antara pembeli dengan penjual semudah mengirimkan pesan saja, dengan waktu yang singkat. Jadi ketika melakukan transaksi tidak perlu bolak balik ke m-banking. Modelnya seperti dompet digital.

WhatsApp bisnis juga menyediakan laporan statistik pesan, jadi bisa lebih tahu mana pesan yang sampai, mana yang tertunda atau mana pesan yang tersampaikan namun hanya dibaca saja, ini bisa membantu melihat respon calon konsumen ketika menawarkan produk terbaru. Sehingga lebih mudah menemukan konsumen potensial menjadi pelanggan loyal.

Kecanggihan WhatsApp bisnis memang sangat memudahkan pelaku usaha menjalankan kegiatan operasionalnya. Oleh karena itu penting bagi pebisnis untuk segera mengganti WhatsApp biasa dengan yang dirancang khusus untuk menjalankan usaha.

3. Perbedaan Logo

Selain perbedaan tujuan dan fitur tentunya, perbedaan keduanya juga terletak pada logo yang digunakan. Logo WhatsApp biasa memiliki latar belakang warna hijau terang dengan gambar balon percakapan bergaris putih. Bagian dalam balon terdapat gambar gagang telepon. Simbol ini menunjukkan bahwa WA memang diperuntukan untuk berkomunikasi baik itu melalui pesan teks atau suara. Orang yang melihat logo ini sepertinya sudah hafal dan tahu aplikasi perpesanan ini.

BACA JUGA:  5 Fitur Baru Ini Bikin Status Whatsapp Semakin Seru

Sedikit berbeda dengan logo WA biasa, WA bisnis memang memiliki latar warna hijau dan balon percakapan. Namun di bagian dalam bukan gagang telepon, tetapi huruf B yang menandakan business atau bisnis. Perbedaan logo ini supaya bisa dibedakan antara yang biasa dengan yang bisnis.

4. Perbedaan Penggunaan Nomor Akun

Perbedaan WA bisnis dan biasa selanjutnya terletak pada penggunaan nomor akun. Nomor akun yang bisa dimasukkan untuk WA biasa hanya satu nomor saja. Itu saja nomor yang dimasukkan adalah nomor pribadi.

Berbeda dengan WA bisnis, Kamu bisa menambahkan nomor lain berupa nomor usaha atau nomor rumahan dari rumah produksi. Jadi ada alternatif lain nomor yang bisa dihubungi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WA bisnis memang dirancang khusus untuk mengembangkan usaha jadi ada fitur tambahan untuk melengkapi profil bisnis dan membuat usaha menjadi lebih profesional dan terorganisir dengan baik.

5. Perbedaan Jumlah Device yang Bisa Mengakses Akun

Ini yang mungkin belum banyak orang tahu, perbedaan WhatsApp biasa dengan bisnis adalah perbedaan jumlah device yang bisa mengakses suatu akun. Kamu yang memiliki usaha tentu sudah paham jika admin yang menjalankan aplikasi perpesanan mungkin lebih dari satu. Apalagi jika bisnis sudah berkembang besar, dibutuhkan 2 orang untuk mengontrolnya.

Oleh karena itu, di WA bisnis bisa gunakan satu akun untuk maksimal 2 orang. tidak perlu khawatir, Kamu juga bisa menggunakan WA website supaya percakapan bisa lebih terlihat. bisa digunakan di laptop, tablet atau komputer. Dua orang yang mengakses juga bisa berada di tempat berbeda, jadi masih bisa jika Kamu memiliki 2 admin di tempat berbeda. Super canggih dan sangat membantu!

BACA JUGA:  WhatsApp Sedang Uji Fitur Baru, Polling Untuk Chat Grup

Sementara itu untuk WhatsApp biasa hanya bisa digunakan untuk satu device saja, Kamu mungkin bisa memasukkannya ke WA web namun itu terbatas jika HP berada di dalam jangkauan. Sebab WA biasa memang diperuntukan untuk pribadi, jadi lebih privat dan intim.

Bagi yang memiliki usaha besar, jika tidak cukup dengan WA bisnis bisa memanfaatkan WA api. Aplikasi ini bisa lebih mudah mengorganisir usaha yang lebih besar jadi tidak kewalahan saat mengoperasikan bisnis. Jadi lebih mudah dan tentunya praktis.

Nah, berikut di atas merupakan 5 perbedaan WhatsApp biasa dengan WhatsApp bisnis. Setelah mengetahui perbedaannya, Kamu yang punya bisnis harus segera migrasi ke WA bisnis. Sebab banyak sekali fitur yang apabila dimanfaatkan secara maksimal bisa membuat bisnis lebih maju. Mendatangkan banyak keuntungan dan pelanggan setia.

Komunikasi dengan calon konsumen maupun konsumen sangatlah penting dalam sebuah usaha. Ada banyak sekali orang yang kembali membeli suatu produk karena pelayanan yang ramah dan respon cepat saat sedang dibutuhkan. Salah satunya caranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang memang mendukung respon cepat seperti WhatsApp bisnis ini. Jadi tunggu apa lagi? Yuk pemilik usaha beralih ke WA bisnis sekarang juga!

 

 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Rekomendasi Untuk Anda

Sedang Populer