Perkembangan Kasus Fetish Jarik, Pelaku Dijerat Pasal Berlapis

https://sosok.grid.id/

Warnabiru.com - Kasus fetish kain jarik kini memasuki babak baru. Sebelumnya pelaku yang berinisial GAN (22) viral setelah korbannya memviralkan di Twitter. Kemudian GAN secara resmi dikeluarkan dari kampusnya yakni UNAIR. Kini GAN harus berurusan dengan masalah hukum akibat perbuatannya.

Sudah ada tiga korban GAN yang melapor ke Polrestabes Surabaya pada 31 Juli 2020. Hal tersebut dijelaskan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim.

"Untuk sejauh ini korban sudah ada, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Polrestabes Surabaya dengan melakukan pemeriksaan terhadap 8 saksi," kata Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko pada Kamis 6 Agustus 2020.

Dijelaskan pula bahwa GAN dijerat pasal berlapis yakni pertama, Pasal 27 ayat (4) juncto Pasal 45 ayat (4) UU nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang ITE. Kedua yaitu Pasal 29 juncto Pasal 45B UI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan ketiga 335 KUHP.

BACA JUGA: Predator Fetish Kain Jarik Resmi Dikeluarkan Dari Unair

Karena secara prosedural harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu maka GAN belum ditangkap. GAN akan dipanggil terlebih dahulu sebagai saksi.

"Penangkapan belum dilakukan. Namun pemanggilan akan dilakukan seluruhnya terkait dengan dugaan baik itu sebagai status saksi, saksi korban maupun terduga," ucap Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Kasus ini berawal saat Akun Twitter dengan nama @m_fikris membuat thread dengan judul Predator 'Fetish Kain Jarik' Berkedok Riset Akademik dari Mahasiswa PTN di SBY. Dia mengaku dijadikan bahan riset bungkus dan membungkus oleh mahasiswa berninisial GAN.

BACA JUGA: Dosen di Bima Bunuh Kekasih Setelah Lamarannya Ditolak

Sehingga dirinya dibungkus seperti pocong kemudian dikirim kepada GAN yang ternyata untuk dijadikan fantasi seksual oleh GAN. Dijelaskan oleh GAN bahwa tujuan dilakukan riset bungkus - membungkus ini agar korban merasa tertekan kemudian mengeluarkan emosinya. Setelah mengetahui ada yang janggal kemudian akun @m_fikris memberitahu teman - temannya.

Ternyata dia menjadi korban predator GAN yang mempunyai fetish kain jarik. Yang dimaksut fetish adalah perilaku menyimpang seksual. Dimana pelaku akan terangsang saat melihat benda tertentu. Sehingga fetish kain jarik adalah perilaku seksual menyimpang dimana pelaku merasa tersangsang saat melihat kain jarik.