Ditangkapnya Pelaku Pembunuhan Wartawan Demas Laira di Sulawesi Barat

Okezone.com

Warnabiru.com - Tim gabungan Polri berhasil menangkap 6 terduga pelaku pembunuhan wartawan di Sulawesi Barat atas nama Demas Laira pada Selasa, 20 Oktober 2020. Diduga motif pembunuhan sadis itu terjadi karena adik salah satu tersangka diganggu sehingga tersangka sakit hati.

Tim gabungan Polri itu terdiri dari tim gabungan Subdit III Ditiipidum Bareskrim, Ditkrimum Polda Sulbar dan Satresmob Ditkrimum Polda Sulsel.

Dilansir dari detik.com hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Derdy Sambo.

"Motif, pelaku melakukan pembunuhan karena sakit hati kepada korban yang mengganggu dan mempermalukan adik perempuan salah satu pelaku, Syamsul," Jelas Brigjen Ferdy Sambo, pada Rabu, 21 Oktober 2020.

Dalam kasus ini Brigjen Ferdy Sambo menegaskan tidak ada keterkaitan dengan profesi korban sebagai wartawan.

"Tidak terkait (profesi wartawan)," tambahnya.

Para keenam tersangka adalah Syamsul (32) yang ditangkap di Gorontalo, Nawir (30) ditangkap di Mamuju Tengah Sulawesi Barat, Haerudin ditangkap di Mamuju Tengah Sulawesi Barat, Ilham (19) ditangkap di Mamuju Tengah Sulawesi Barat dan Ali Baba yang ditangkap di Pasangkayu Sulawesi Barat.
Atas perbuatannya ini semua tersangka disangkakan pasal berlapis yakni Pasal 170 KUHP, Pasal 338 KUHP dan Pasal 351 KUHP.

"Dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun," jelas Brigjen Ferdy Sambo.

Bunyi Pasal 170 KUHP adalah jerat penjara bagi mereka yang mengeroyok terhadap seseorang. Apabila mengakibatkan luka ringan ancaman penjara 7 tahun, bila mengakibatkan luka berat ancaman penjara 9 tahun sedangkan apabila mengakibatkan kematian ancaman penjara 12 tahun.

Sedangkan Pasal 338 KUHP menjelaskan barangsiapa merampas nyawa orang lain dijerat ancaman penjara selama 12 tahun.

Untuk Pasal 351 menjelaskan ancaman penjara bagi pelaku penganiayaan terhadap orang lain secara sendirian. Apabila korban mengalami luka ringan ancaman penjara 2 tahun, apabila korban mengalami luka berat ancaman penjara 5 tahun dan bila korban meninggal dunia ancaman penjara 7 tahun.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya Seorang wartawan dari Mamuju Tengah, Sulawesi Barat ditemukan tewas dengan luka sebanyak 17 tusukan.

Wartawan yang bernama Demas Laira (28) itu ditemukan tewas di pinggir Dusun Salubijau, Desa Tasokko, Kecamatan Karosaa pada pada Kamis, 20 Agustus 2020.

Awalnya korban dikira korban kecelakaan lalu lintas. Namun setelah diperiksa ternyata banyak luka tusukan di tubuh korban mulai dari dada, punggung, perut dan lengannya.

Atas kematian anggotanya ini pihak Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Barat, meminta agar pihak kepolisian menuntut tuntas atas kematian Demas Laira.

Sebelum mengalami peristiwa naas diketahui korban pernah menulis beberapa berita. Seperti tulisan dikabardaerah.com yang berjudul "Pekerjaan Jalan Cor Beton di Desa Kakullasan Diduga Asal Jadi dan Srampangan"