Mana Yang Benar, Himbauan Atau Imbauan? Sekalian Cari Tahu Asal Katanya Darimana

Sedang Populer

Warnabiru.com - Hayo mana yang benar, himbauan atau imbauan, menghimbau apa mengimbau? Karena tidak jarang, orang di sekitar kita sampai media daring memakai keduanya, himbauan dan imbauan. Lantas mana yang benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Bahasa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (2) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009, diantaranya berfungsi sebagai jati diri bangsa dan kebanggaan nasional.

Itulah kenapa laman Diskominfotik Kabupaten Bengkalis Riau pernah membahas soal himbau dan imbau ini, dalam rangka menjaga fungsi bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa serta kebanggaan nasional.

Langsung saja, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia daring (KBBI dalam jaringan), kata imbau bentuk tidak bakunya himbau. Artinya, panggil; sebut; pintakan; serukan.

Nah, terkait asal kata, asal usul kata imbau berasal dari bahasa Minangkabau, Sumatera Barat, Imbau merupakan verba atau kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan; kata kerja.

Imbauan, menurut KBBI Daring, artinya panggilan; permintaan (seruan); ajakan. Simak contoh berikut saat imbau digunakan dalam kalimat.

“Tiap bulan ia pulang kampung karena imbaun sanak saudara dan alam tempat ia dilahirkan,".

Sedangkan kata mengimbau, dalam KBBI daring, berarti memanggil; menyebut nama orang, dan meminta (menyerukan) dengan sungguh-sungguh; mengajak.

Contohnya sebagai berikut: “Pemerintah mengimbau masyarakat untuk turut menjaga kelestarian hutan,".

Bagaimana dengan kata menghimbau dan himbauan?

Sebenarnya karena masalah kebiasaan, karena pada dasarnya himbau merupakan bentuk tidak baku dari kata imbau.

Namun masalahnya, kata menghimbau dan himbauan tak ada dalam KBBI Daring.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan jika menghimbau dan himbauan bukan merupakan salah satu frasa, lema atau entri dalam bahasa Indonesia.

Daripada penasaran, coba masukan dalam kolom pencarian KBBI daring, baik menghimbau atau himbauan, akan muncul jawaban cepat, entri tidak ditemukan dengan huruf warna merah.

So, bagaimana sudah tahu khan mana yang benar himbauan atau imbauan?

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Rekomendasi Untuk Anda

Sedang Populer