Ketahui Manfaat Pisang Bagi Tubuh Hanya Dari Warna Kulitnya

Sedang Populer

Warnabiru.com - Umumnya saat beli buah patokan matang ketika dipegang terasa empuk, mengeluarkan aroma khas sampai warna kulit. Nah, kalau pisang lebih luas lagi, kita bisa tahu manfaatnya bagi tubuh hanya dengan melihat warna kulitnya.

Dilansir dari laman fimela (04/03/2017), hal tersebut bisa terjadi karena nutrisi pisang berubah sesuai tingkat kematangan dan warna kulitnya.

Selain, diketahui rendah kalori dan tinggi serat, dengan mengetahui tingkat kematangannya kita dapat menentukan jenis pisang apa yang dibutuhkan tubuh.

Pertama, pisang matang dengan warna kulit kuning hingga kehitaman

Berdasar hasil penelitian tim riset Teikyo University-Jepang, pisang yang matang sekali mengandung semacam protein yang membantu mencegah tumbuhnya tumor dan kanker (TNF/tumor necrosis factor) atau kondisi onkologi.

Namun, hal tersebut coba 'dipaskan' dengan lansiran dari laman liputan 6 (27/10/2019) yang bersumber dari Livestrong, National Cancer Institute di Amerika.

Mereka menolak kabar yang beredar di internet waktu itu soal TNF pisang, dengan menjabarkan jika TNF adalah protein yang dibuat oleh sel darah putih sebagai respons terhadap infeksi sedangkan pisang tidak memiliki sel darah putih dan tidak dapat menghasilkan TNF sama sekali.

Kedua, pisang mentah dan matang sedang dengan warna kulit masih hijau

Pisang yang belum matang benar seperti ini cocok untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya lebih sedikit dibanding yang matang berwarna kuning. Lebih tinggi serat dan bersifat pati resisten sehingga tidak mengganggu insulin tubuh pada penderita diabetes mellitus/Tipe 2.

Pati resisten dijelaskan dalam laman liputan6, merupakan karbohidrat yang akan masuk ke usus, bertindak sebagai makanan prebiotik untuk pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan.

Mereka memfermentasi pati dalam usus besar, menghasilkan asam lemak rantai pendek yang bermanfaat, mencegah penyakit kronis termasuk kolitis dan penyakit Crohn.

BACA JUGA:  Aplikasi Holiday Alumni SMAN 2 Lamongan Raih Medali Perak Youth International Science Fair

Tentang pati resisten juga pernah diulas Juni 2018 oleh Nutrition Research, menyebutkan juga punya efek menurunkan total kolesterol dan kolesterol jahat LDL.

Selain itu, pectin merupakan jenis serat sehat lain yang ditemukan di pisang mentah. Kandungan ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi gula darah.

Jurnal Nutrients, Mei 2019 pernah menerbitkan jika orang makan pisang hijau memiliki kontrol glukosa dan metabolisme insulin yang lebih baik.

Ketiga atau terakhir, pisang yang tidak matangnya pas dengan warna kulit kuning segar

Pisang yang matangnya pas cocok untuk sobat warnabiru yang sedang diet, karena tidak terlalu banyak mengandung gula, namun tetap kaya serat dan nutrisinya seimbang.

Baca Juga: Menyalahi Aturan, Jual NFT Foto KTP Di OpenSea Bisa Kena Denda 1 Milyar Rupiah

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sedang Populer