Kesalahan Pemula Saat Berinvestasi Yang Patut Dihindari

Sedang Populer

Warnabiru.com - ada banyak alasan orang melakukan investasi, salah satunya jelas menambah pundi pundi rupiah dan ada beberapa kesalahan yang patut dihindari, biasanya dialami pemula saat berinvestasi.

Berikut kesalahn pemula seperti dilansir laman Finansialku, Sabtu (5/3).

Belum Jelas Mau Ngapain

Niat kita diawal, tujuan investasi untuk apa haruslah jelas guna menghindari kerugian di masa mendatang. Jangan sampai, Anda berinvestasi karena hanya mengikuti tren, namun secara pribadi kita pun nggak tahu, tujuan apa yang ingin dicapai dari berinvestasi tersebut.

Waspada Ada Resiko Yang Nyata

Ketika berinvestasi, perlu mengedepankan logika serta realistis dalam menginvestasikan uang. Tujuannya simpel, investasi memang untuk cari uang namun terlalu mudah tergiur dengan tingkat keuntungan yang tidak wajar, apalagi dalam portofolio, risiko yang ditawarkan sangat minim, jelas bukan permainan yang harus diikuti pemula.

Karena pada dasarnya, semakin besar uang yang kita tanam, semakin besar pula risiko yang harus kita tanggung.

Juga, pastikan institusi yang kita pilih untuk berinvestasi sudah memiliki izin dari salah satu lembaga yang berwenang di Indonesia, seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) serta Kementerian Koperasi dan UKM.

Perlu Keberanian

Keberanian menjadi salah satu aspek yang perlu kita miliki saat berinvestasi. Berani memperbanyak pengetahuan dalam bidang yang akan kita geluti. Semakin banyak mencari tahu, membuat kita lebih jeli dalam melihat berbagai peluang yang ada.

Saat berinvestasi, buang rasa tidak percaya diri serta sifat mudah menyerah, ganti dengan optimisme dan semangat yang tinggi dalam melihat peluang.

Hanya Fokus Jangka Pendek

Pemula seringkali mengejar aspek jangka pendek. Padahal, jika bersabar, berinvestasi dengan jangka panjang sangatlah menguntungkan. Tanamkan sejak awal, yang namanya investasi butuh kesabaran, ketekunan dan komitmen yang kuat.

BACA JUGA:  GoodDollar Airdrop: Cara Klaim Free G$ Setiap Hari

Jangan Taruh Uang Dalam 1 Instrumen Investasi

Dalam berinvestasi, jangan menaruh semua uang yang kita miliki pada satu tempat investasi. Jika sewaktu-waktu tempat tersebut mengalami kegagalan atau bangkrut, maka risiko yang akan kita tanggung semakin besar.

Sementara, jika melakukan diversifikasi berbagai aset yang kita miliki, aset dan dana tersebut bisa kita pertahankan, meski tempat investasi sedang tertimpa masalah.

Tidak fokus pada tujuan awal

Tidak fokus pada tujuan awal merupakan hal lain yang dapat menggagalkan saat pertama berinvestasi .

Untuk itu, perlu kedisiplinan serta komitmen terhadap tujuan yang kita buat pada awal memutuskan investasi.

Karena sudah bukan rahasia, mempertahankan kekayaan justru lebih sulit dibanding saat meraihnya.

 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sedang Populer