Menghitung Biaya Asuransi Mobil TLO per Tahun, Begini Caranya

Sedang Populer

Warna Biru Media
Sumber Inspirasi dan berita terpercaya

Warnabiru.com Biaya asuransi mobil TLO per tahun tentu saja perlu diketahui Anda pemilik asuransi Total Loss Only alias TLO. Pasalnya, masih banyak nasabah asuransi yang belum mengerti bagaimana perhitungan biaya premi asuransi mobil.

Selain itu, masih ada yang salah menghitung premi asuransi mobil TLO dengan asuransi mobil All Risk. Padahal, asuransi TLO berbeda dengan asuransi all risk atau comprehensive.

Untuk mengetahui bagaimana perhitungan biaya premi asurasi mobil TLO per tahun, silakan baca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Asuransi TLO

Sebelum kita membahas perhitungannya, akan lebih baik jika Anda tahu terlebih dahulu apa itu asuransi TLO.

Asuransi TLO merupakan salah satu jenis asuransi kendaraan yang hanya menjamin kerusakan dan atau kerugian dengan tingkatan 75% atau lebih.

Misalnya, mobil yang mengalami kecelakaan besar sehingga seluruh bagian mobil rusak parah atau mobil yang hilang karena dicuri. Asuransi TLO tidak menjamin kerusakan mobil yang tidak terlalu parah, misal rusak kacanya saja, rusak bannya saja, atau rusak bempernya.

Faktor yang Memengaruhi Biaya Asuransi Mobil TLO per Tahun

Setidaknya, ada beberapa hal yang memengaruhi besar kecilnya biaya asuransi mobil TLO. Apa saja?

Perusahaan Asuransi

Besar kecilnya premi asuransi mobil TLO sangat ditentukan oleh perusahaan asuransi. Memang sudah ada ketentuan khusus perhitungan premi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), akan tetapi beberapa perusahaan menyediakan perluasan manfaat.

Itulah yang menyebabkan premi asuransi setiap perusahaan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Harga Mobil

Faktor kedua yang mempengaruhi tarif premi asuransi mobil TLO adalah harga mobilnya. Karena beda harga mobil, berbeda rate asuransinya.

Berdasarkan peraturan OJK, kendaraan terbagi menjadi lima kategori dan masing-masing kategori itu rate asuransinya berbeda-beda untuk beberapa harga mobil.

BACA JUGA:  Perbedaan SPT Tahunan Dan SPT Bulanan

Mengenai topik satu ini akan kami bahas nanti ya, untuk itu silakan baca terlebih dahulu artikel ini sampai selesai.

Wilayah

Beda daerah, beda pula tarif premi asuransinya. Ada tiga kategori wilayah menurut Peraturan OJK yang masing-masing wilayah pemiliki rate asuransi yang berbeda-beda.

Yang dimaksud dengan wilayah satu adalah Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya, wilayah kedua adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Selain daerah-daerah tersebut termasuk ke dalam wilayah tiga (Bali, Nusa Tenggara, Kalimatan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan sebagainya).

Jadi jangan kaget jika ada perbedaan tarif premi asuransi mobil Anda yang tinggal di Jakarta dengan tarif asurani mobil teman Anda yang tinggal di Sumatera.

Usia Mobil

Faktor lainnya yang memengaruhi biaya asuransi mobil TLO per tahun adalah dari usia mobil itu sendiri.

Pasalnya, pihak asuransi memiliki perhitungan tersendiri terhadap usia mobil yang diasuransikan, seiring bertambahnya usia komponen-komponen yang ada di dalamnya semakin menurun dan itu sangat mempengaruhi besaran premi.

Semakin mahal dan langka komponen yang pada mobil tersebut, maka biaya premi yang dibayarkan akan semakin mahal.

Durasi Berkendara

Mobil yang sering digunakan tentu saja lebih rentan rusak daripada mobil yang tidak pernah dipakai atau jarang digunakan. Jika mobil sudah rusak, tentu saja ada biaya premi yang harus Anda keluarkan.

Khusus untuk asuransi TLO, durasi mengendarai mobil yang tidak terkontrol sangat mungkin membuat komponen-komponen di dalamnya menjadi cepat rusak. Bahkan bukan tidak mungkin kerusakannya mencapai lebih dari 75%

Perhitungan Biaya Asuransi Mobil TLO Per Tahun

Perhitungan premi asuransi mobil harus mengikuti peraturan OJK dengan ketentuan sesuai tabel di bawah ini:

BACA JUGA:  Mana yang lebih menguntungkan? Deposito vs Reksadana
Harga Mobil Kategori Kendaraan Sumatera dan Kepulauan disekitarnya (1) DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten (2) Selain area 1 dan 2
0 s.d.Rp 125 juta Kategori 1 0,47%-0,56% 0,65%-0,78% 0,51%-0,56%
>Rp 125 juta – Rp 200 juta

Kategori 2

Kategori 2 0,63%-0,69% 0,44%-0,53% 0,44%-0,48%
>Rp 200 juta – Rp 400 juta Kategori 3 0,41%-0,46% 0,38%-0,42% 0,29%-0,35%
>Rp 400 juta – Rp 800 juta Kategori 4 0,25%-0,30% 0,25%-0,30% 0,23%-0,27%
> Rp 800 juta Kategori 5 0,20%-0,24% 0,20%-0,24% 0,20%-0,24%

Misalnya, Pak Kevin memiliki mobil seharga Rp 130 juta mengalami kerusakan dan ingin mengajukan klaim asuransi TLO, Pak Kevin tinggal di Riau. Berapa estimasi premi asuransi yang harus dibayarkan?

Kita anggap saja perusahaan asuransi mengeluarkan rate asuransi 0,65%. Berarti, perhitungannya seperti ini:

0,65% x Rp130 juta = Rp84.500.000

Jadi premi yang harus dibayarkan setiap tahunnya adalah Rp84,5 juta.

Demikian pembahasan mengenai perhitungan biaya asuransi mobil TLO per tahun. Berbagai macam premi asuransi lainnya selain asuransi mobil bisa Anda baca di marketplace asuransi terlengkap dan terpercaya, Lifepal.co.id.

 

 

 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sedang Populer