Alasan Mengapa Kita Harus Invest Di Saham

Sedang Populer

Warna Biru Media
Sumber Inspirasi dan berita terpercaya

Warnabiru.com - Investasi merupakan suatu hal yang sangat menarik di era yang sudah cukup modern saat ini dimana investasi dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari investasi pasar uang, obligasi, mau pun investasi saham dan sebenar nya masih banyak lagi jenis investasi lain nya. Investasi saham menjadi salah satu jenis investasi yang banyak menarik para investor karena mereka dapat mempertimbangkan secara baik antara faktor resiko yang mungkin diterima dan keuntungan yang akan di dapat karena kedua hal tersebut membutuhkan pertimbangan yang sangat matang untuk dapat melakukan investasi saham.

Investasi Saham

Investasi saham merupakan suatu kegiatan investasi yang dilakukan oleh para investor dengan menginvestasikan uang atau dana mereka dalam bentuk saham yang memiliki nilai tertentu. Nilai dari saham tersebut dapat berubah – ubah seiring dengan berkembang nya waktu di mana saham tersebut juga dapat di perjual beli kan oleh satu investor ke sesama investor lain nya dengan suatu kesepakatan bersama. Investasi saham dinilai lebih menarik jika dibandingkan dengan beberapa aktivitas investasi lainya karena terbebas dari ada nya inflasi seperti yang biasa terjadi saat melakukan investasi pasar uang. Simak keuntungan investasi saham secara lebih lengkap pada halaman ini.

Keunggulan Investasi Saham

Tidak Rawan Terdampak Inflasi

Tidak seperti nilai mata uang yang sering terjadi penurunan akibat terjadi nya inflasi dimana kenaikan nilai mata uang akan membuat nilai uang semakin menurun dari waktu ke waktu. Hal tersebut dapat dihindari apabila Anda menggunakan investasi dengan jenis saham karena investasi dengan menggunakan saham akan terbebas dari dampak terjadi nya inflasi yang berkepanjangan. Dengan begitu, maka hal tersebut dapat menekan Anda dari kerugian yang menjadi resiko terbesar bagi Anda.

BACA JUGA:  Mana yang lebih menguntungkan? Deposito vs Reksadana

Mudah Ditransaksikan

Investasi saham meskipun tidak dalam bentuk uang tunai namun juga dapat di transaksi kan layak nya uang tunai yang dapat digunakan dalam bertransaksi, hanya saja jenis transaksi nya yang berbeda. Transaksi dalam investasi saham dapat dilakukan melalui kegiatan jual beli saham di mana saham tersebut dinilai sebagai aset dalam investasi sehingga kepemilikan saham tersebut dapat Anda perjual belikan. Jika Anda ingin melakukan jual beli modal maka Anda dapat melalui suatu lembaga yang disebut sebagai Bursa Efek atau Pasar Modal.

Aman Karena Sudah Terdaftar Di OJK

Investasi dengan menggunakan saham telah dinilai aman karena sudah terdaftar di OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ) yang bertugas dalam mengawasi setiap aktivitas dalam investasi saham tersebut. Dengan begitu Anda akan merasa aman dan nyaman saat melakukan investasi dengan menggunakan saham. OJK akan mengawasi aktivitas investasi tersebut berdasar kan dari ketetapan dan kebijakan dari pemerintah. Oleh karena itu arus informasi nya akan berjalan secara transparan sehingga tidak mengkhawatirkan bagi para investor yang akan melakukan investasi saham.

Keuntungan Tinggi

Selain beberapa keunggulan di atas, Investasi saham juga dapat mendatangkan banyak sekali keuntungan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan beberapa jenis investasi yang lain nya yang mungkin dapat mengalami kenaikan ataupun penurunan hasil. Meskipun faktor resiko yang mungkin diterima oleh para investor tersebut akan cukup tinggi namun laba yang akan di dapat nya dalam melakukan investasi saham juga akan semakin besar dan bahkan akan menjadi semakin berlipat seiring dengan berjalan nya waktu. Kerugian dapat dihindari apabila anda cerdas dalam membaca dan memahami setiap pergerakan grafik saham dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:  Insentif prakerja Belum cair ? Apa penyebabnya ?

Manfaat Investasi Saham

Menambah Keuntungan

Dalam melakukan investasi saham, hal yang paling ditunggu adalah laba dari hasil investasi tersebut. Investasi saham merupakan investasi yang terbaik karena dengan melakukan investasi saham maka keuntungan yang di dapat juga akan semakin besar, hal tersebut sangat bergantung pada bagaimana cara Anda dalam membaca setiap peluang dalam aktivitas investasi tersebut. Banyak para investor yang telah membuktikan kesuksesan nya berkat investasi saham, dan tentu nya dilakukan melalui badan resmi yang telah terdaftar di OJK.

Menjadi Tabungan Untuk Jangka Panjang

Investasi saham biasa nya dilakukan dalam jangka waktu yang panjang agar mendapat kan keuntungan yang tinggi, oleh karena itu investasi saham dapat digunakan sebagai tabungan untuk jangka panjang. Bahkan banyak dari para investor yang telah mewariskan hasil investasi saham nya kepada anak dan cucu mereka. Hal tersebut membuktikan bahwa investasi saham dapat dilakukan dengan jangka waktu yang cukup lama sehingga dapat dijadikan sebagai tabungan untuk jangka panjang.

Mendapatkan Dividen Saham

Pra investor yang melakukan investasi saham juga akan mendapat kan dividen saham dimana dividen saham tersebut merupakan laba dari kegiatan investasi yang dikumpulkan sejak jangka waktu tertentu. Laba hasil investasi tersebut akan diterima oleh para investor yang telah melakukan investasi dengan menggunakan saham. Dividen yang di dapat kan oleh masing – masing investor akan di sesuai kan dengan banyak nya investasi yang telah ia tanam kan sebagai modal awal untuk investasi saham.

Kesimpulan :


Alasan yang tepat untuk menjawab pertanyaan terkait mengapa harus investasi saham adalah di mana investasi saham dapat di lakukan dengan mudah dan memiliki beberapa keunggulan yang berbeda dengan jenis investasi lain nya seperti tidak rawan terdampak inflasi, mudah ditransaksikan, aman karena sudah terdaftar di OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ), dan keuntungan yang diterima lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa jenis investasi lain nya. Selain itu, investasi saham juga mendapatkan manfaat antara lain adalah dapat menambah keuntungan, dapat menjadi tabungan untuk jangka panjang, dan para investor juga akan mendapatkan dividen saham dan capital gain.

BACA JUGA:  8 Keuntungan Investasi Emas yang Bisa Menaikkan Kekayaan
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sedang Populer