Karena Ini Casing Handphone Awalnya Bening Berubah Jadi Kuning

Sedang Populer

Warnabiru.com - Casing bening untuk beberapa ponsel diberikan secara cuma cuma saat pertama kali beli, sehingga tetap terlindungi tanpa menutupi warna dan desain. Namun, seiring berjalannya waktu, yang awalnya bening berubah jadi kuning, kenapa ya?

Pada dasarnya produsen casing biasanya menambahkan sedikit pewarna biru untuk mengimbangi warna kuning, sehingga tampak lebih jernih.

Beberapa menyebutkan, bahan memainkan peran penting karena tidak semua casing bening menguning seiring waktu.

Apalagi yang keras, tidak fleksibel jarang dijumpai mengalami hal tersebut. Justru, silikon yang murah, lembut serta fleksibel, kerap ditemui berubah paling kuning.

Proses penuaan alami seperti itu disebut “degradasi material.” Ada beberapa faktor lingkungan yang berbeda, berkontribusi terhadap perubahan tersebut.

Matahari dan Kulit

Ada dua penyebab utama, yang dapat mempercepat proses penuaan tersebut. Pertama sinar ultraviolet, salah satu jenis radiasi, seiring waktu, memecah berbagai ikatan kimia yang menyatukan rantai molekul polimer panjang penyusun casing. Menciptakan banyak rantai yang lebih pendek, hingga menonjolkan warna kuning alami.

Panas juga berpengaruh, panas dari matahari dan, atau panas dari tangan kita. Berbicara tentang tangan, kulit merupakan penyebab selanjutnya. Lebih tepat, minyak alami pada kulit.

Semua minyak, keringat serta lemak yang dimiliki seseorang dapat menambah warna kuning alami termasuk pada casing handphone.

Cara Membersihkan

Bergantung pada usia kasing juga, mungkin dapat mengembalikannya pada kondisi semula dengan membersihkan semua penumpukan minyak, keringat dan lemak yang bersumber dari tangan kita, tetapi kalau menguning karea sinar ultraviolet, ya enggak bisa.

Ada tiga bahan pembersih yang bisa sobat warnabiru coba: sabun cuci piring, soda kue, serta menggosoknya menggunakan alkohol.

Untuk sabun cuci piring, cukup buat air sabun hangat dan gosok casing secara menyeluruh dengan sikat gigi.

BACA JUGA:  Cara Menonaktifkan Whatsapp Otomatis Download Media

Untuk metode soda kue, taburkan serbuk soda ke seluruh bagian casing, terutama daerah yang berwarna kuning. Basahi sikat gigi untuk menggosok casing agar kembali kinclong namun jangan sampai casing terlalu basah.

Untuk alkohol gosok, jangan mengoleskannya langsung. Sebagai gantinya, basahi handuk kertas atau kain pembersih dan gosok casing dengan itu, jangan berlebihan karena justru dapat merusak silikon.

Namun jika "kerusakannya" sudah tidak bisa diperbaiki, ada baiknya menyiapkan dana untuk membeli casing bening yang baru, lebih praktis.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sedang Populer