Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Naik Rp40 Ribu/Kg di Kota Probolinggo

Warnabiru.com – Jelang hari raya harga daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional di Kota Probolinggo kian melonjak. Saat ini harga daging ayam mencapai Rp40.000 /kg.

Sebelumnya, harga daging ayam per kilogramnya Rp26.000 , kemudian mengalami kenaikan harga menjadi Rp35.000/kg. Per hari ini, harga daging ayam broiler di sejumlah pasar di Kota Probolinggo mencapai Rp40.000 per kilogram.

Naiknya harga daging ayam broiler ini disebabkan oleh beberapa faktor. Selain akibat dari merebaknya wabah virus corona, hal ini juga terkait dengan semakin mendekati hari raya idul fitri bagi umat muslim. Ditambah, berkurangnya stok daging ayam broiler yang tersedia dari para peternak.

Melihat kenaikan harga daging ayam yang cukup tinggi, menjadikan minat para konsumen daging ayam merosot dan secara tidak langsung para pedagang pun akhirnya sepi. Pelanggan daging ayam lebih mencari beberapa alternatif lauk pauk lain. Seperti ikan laut, tahu, dan tempe.

Bawon, salah satu pedagang daging ayam mengatakan, beberapa hari terakhir pasar semakin sepi pengunjung. Meskipun harga daging ayam saat ini naik, tetapi pihaknya mengaku jika omset penjualan merosot hingga 50 persen.

BACA: Pemerintah Kota Surabaya Borong 200 Lebih Kamar Hotel Untuk Warga Reaktif Covid-19

“Sejak tiga hari ini harga daging ayam terus naik. Tiga hari sebelumnya, harganya hanya Rp26.000 , kemarin Rp35.000 per kilogramnya. Sekarang, harganya sudah Rp40.000 . Katanya, di peternak kekurangan stok, harga daging ayam mahal pembeli sepi, omset menurun drastis hingga 50 persen,” Ujar Bawon.

Arif Billah, Kepala UPT Pasar Kota Probolinggo, mengatakan bahwa pihaknya akan terus memantau perkembangan kenaikan harga daging ayam dan beberapa jenis lauk pauk yang lain. Arif menambahkan jika naiknya harga daging ayam ini terus berlanjut hingga mendekati lebaran, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan operasi pasar.

“Kami akan terus memantau harga daging ayam dan lauk pauk lainnya, serta harha sembako setiap harinya. Kenaikan harga daging ayam terlihat sejak tiga hari terakhir. Jika harga terus naik, maka kita akan berkoordinasi dengan pimpinan dan dinas terkait, untuk melakukan operasi pasar dan menstabilkan harga,” terangnya.

BACA : Data Bansos Kacau, Warga Mapan di Mojokerto Kembalikan Bantuan

Berdasarkan dari data Unit Pelayanan Teknis (UPT) pasar Kota Probolinggo, harga daging ayam kampung Rp70.000 per kilogramnya, sebelumnya harganya Rp60.000 per kilogramnya.

Untuk gula pasir tercatat mengalami penurunan harga menjadi Rp16.000 per kilogramnya, dan untuk harga bawang merah harganya Rp40.000 per kilogram.