Sempat Dikabarkan Meninggal, Relawan uji coba vaksin Covid-19 Berkata “Saya Baik-Baik Saja”

Sedang Populer

Warna Biru Media
Sumber Inspirasi dan berita terpercaya

Ujicoba vaksin covid-19, Warnabiru.com - Salah satu relawan uji coba vaksin virus corona di inggris mengatakan “saya baik-baik saja” setelah beredar artikel tentang kematiannya di media sosial.

Didalam artikel tersebut mengabarkan bahwa ahli mikrobiologi Dr Elisa Granato, yang ambil bagian dalam uji coba vaksin di Oxford pada hari kamis, telah meninggal karena komplikasi setelah mengambil vaksin.

Pemerintah kemudian mengatakan bahwa artikel itu “sama sekali tidak benar”. Selanjutnya juga memperingatkan orang agar berhati-hati tentang berita tidak berdasar yang beredar secara online.

Granato adalah salah satu dari dua orang yang turut ambil bagian. Dia mengatakan bahwa dia sangat bersemangat untuk mendukung upaya uji coba vaksin dengan menjadi relawan.

Pada hari minggu, departemen kesehatan dan perawatan sosial menginformasikan melalui akun twitter : “berita yang beredar di media sosial bahwa relawan pertama dalam uji coba vaksin virus corona inggris meninggal adalah sama sekali tidak benar”

“sebelum membagikan pernyataan tak berdasar secara online, gunakan share checklist untuk membantu menghentikan penyebaran konten berbahaya”.

Awal bulan ini pemerintah telah meluncurkan kembali kampanye informasi publik DONT FEED THE BEAST yang bermaksud agar masyarakat mempertanyakan apa yang dibaca di media online. Share Checklist mencakup saran dasar seperti memeriksa sumber berita dan menganalisis fakta sebelum berbagi.

Baca juga: Dokter Di Mojokerto Positif Corona Diduga Terpapar Virus Saat pelatihan Haji

Unit respon cepat yang beroperasi dalam kantor kabinet menangani serangkaian berita palsu dan penipuan secara online dan berkoordinasi dengan departemen seluruh Whitehall untuk menyebarkan respon yang sesuai. Ini dapat mencakup bantahan langsung di media sosial, bekerja dengan platform untuk menghapus konten berbahaya dan memastikan kampanye kesehatan masyarakat dipromosikan melalui sumber yang dapat diandalkan.

BACA JUGA:  Kriteria Isoman Bagi Anak Saat Terpapar Covid-19

Vaksin covid-19 dianggap sebagai srategi jitu untuk keluar dari “lockdown” oleh para ahli, dan para ilmuwan saat ini berlomba untuk mengembangkan satu yang dapat diproduksi dalam skala besar.

 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sedang Populer