Rumor Seputar Kim Jong Un Meninggal Hingga Sosok Yang Penggantinya

Ilustrasi gambar monyet by pixabay.com

WARNABIRU.com - Sosok pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un masih jadi sorotan. Rumor tentangnya bermacam- macam, mulai dari kehancuran otak, dikabarkan wafat apalagi terdapat pula yang berkata Kim dalam keadaan baik- baik saja.

Pemimpin diktator yang dijuluki Rocket Man oleh Presiden Amerika Serikat( AS) Donald Trump sebab kecintaannya pada peluncuran senjata misil serta nuklir, dikabarkan sudah hadapi prosedur pembedahan di dini April.

Ia dikabarkan hadapi kegemukan, sangat banyak merokok serta letih sebab bekerja sangat banyak.

Berikut ini rangkaian kejadian yang merumorkan keadaan Kim Jong Un, pemimpin generasi ketiga negeri Korea Utara.

Baca pula: Dikabarkan Meninggal, Kereta Kim Jong Un Terlihat Di Kota Wonsan

1. Kim Jong Un awalnya dikabarkan kritis

Rumor awal yang berkaitan dengan Kim disebabkan karena sosok ini tidak terlihat pada perayaan ulang tahun mendiang kakeknya selaku pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April 2020 lalu.

Sumber intelijen yang dipantau Amerika Serikat menyebutkan bahwa Kim Jong Un sedang kritis setelah menempuh pembedahan kardiovaskular. Media Daily NK apalagi mengabarkan jika pembedahan tersebut dicoba pada 12 April.

CNN Monday pada Senin( 20/ 4/ 2020) memberi tahu statment sumber internal AS tersebut terpaut keadaan kesehatan Kim yang kritis merupakan kredibel. Tetapi, sepanjang apa tingkatan keparahannya masih belum dikenal.

Pada Minggu( 19/ 4/ 2020) Kim dinyatakan mulai membaik, sebagian dokter yang merawatnya kembali ke Pyongyang.

Sebagian kecil regu kedokteran masih ditempatkan di Hyangsan, tempat di mana pemimpin Korut itu menempuh perawatan pasca pembedahan.

2. Kim Jong Un juga dikabarkan Baik- baik saja

Di dikala yang sama, pemimpin paling tinggi Korea Utara itu pula dikabarkan lagi berjalan- jalan di kota Wonsan alias baik- baik saja.

Wonsan ialah suatu kota pelabuhan di sisi timur Korea Utara. Kabar ini dikutip oleh media Singapore, Mothership dari The Sydney Morning Herald serta sumber AS yang lain.

Laporan itu berkata kalau Kim lagi mengecek pembangunan lingkungan resor di kawasan wisata tersebut.

Mothership yang melansir web website Korea Selatan Ichannela berkata kalau Kim lagi mengarah resor tepi laut individu itu sehabis sebagian anggota stafnya sakit.

Tidak hanya itu, Kim pula dikabarkan membalas perkataan dari Presiden Suriah, Bashar al- Assad yang mendoakan mendiang Kim Il Sung pada perayaan hari ulang tahun tokoh besar itu.

Balasan dari Kim kepada Assad seakan- akan menepis berita santer yang berkata dirinya kritis. Saluran media pemerintah Korea Utara, Korean Central News Agency pula menerbitkan bacaan balasan yang diprediksi dikirim Kim pada Rabu( 22/ 4/ 2020).

" Kim Jong Un, dalam pesannya, melaporkan rasa terima kasihnya yang dalam kepada Presiden Republik Arab Suriah sebab mengirim pesan salamnya yang tulus,

yang mencerminkan rasa hormat yang hangat kepada Presiden Kim Il Sung, yang senantiasa hidup di hati para rakyat Korea serta pemimpinnya, di hari ulang tahunnya yang ke- 108," demikian tulis balasan bacaan tersebut.

Tetapi, pemberitaan yang tidak menyertakan berita keadaan Kim Jong Un masih muat banyak spekulasi internasional terpaut kesehatan Kim.

Alasannya, Kim yang saat ini berumur 36 tahun tidak sempat melupakan momen peringatan hari ulang tahun mendiang si kakek semenjak ia naik takhta pada 2011.

3. Kim Jong Un dikabarkan wafat oleh sumber yang valid

Suatu jaringan broadcast dari Hong Kong mengklaim pada Sabtu( 25/ 4/ 2020) kalau Kim sudah wafat dunia. Media itu merujuk pada suatu laporan dari sumber sangat valid tanpa nama.

Tidak hanya media tersebut, majalah Jepang, Shuken Gendai pula memberi tahu pada Jumat( 24/ 4/ 2020) kalau Kim hadapi koma ataupun tidak sadarkan diri.

Salah satu pejabat senior dari Partai Komunis di Beijing yang dikutip dari New York Post mengklaim kalau Kim tewas sehabis dokter bedahnya kandas melaksanakan pembedahan kecil sebab tangannya gemetar sangat kencang.

Bila Kim betul- betul wafat dunia, verifikasi yang formal cuma tiba dari media pemerintah Korea Utara itu sendiri.

Tadinya, pemerintah Korut pula menunda pengumuman kematian pendahulu Kim, bapak Kim, Kim Jong Il serta Kakek Kim, Kim Il Sung hingga 4 hari lamanya.

David Maxwell, seseorang spesialis Korea Utara di Yayasan Pertahanan Demokrasi berkata," Kala sesuatu perihal tiba tentang Korea Utara, Kamu tidak dapat percaya hingga Kamu mendengar sendiri beritanya dari negeri itu."

Ia pula meningkatkan," Tetapi butuh dicatat kalau terdapat 6, 5 juta smartphone di Korea Utara dikala ini serta walaupun cakupannya terdapat di dalam negara tersebut, data mempunyai metode sendiri buat keluar lebih kilat saat ini daripada di masa yang kemudian."

Maxwell apalagi berteori jika virus corona dapat jadi berkontribusi pada keadaan Kim yang dikabarkan wafat. Paling utama bila merujuk pada keadaan kegemukan, tekanan darah besar serta diabet yang dipunyai Kim.

" Korea Utara mengklaim nol permasalahan Covid- 19 tetapi dapat saja itu dusta," ungkap Maxwell.

Kim sudah jadi pemimpin paling tinggi di Korut semenjak 2011 mengambil alih bapaknya Kim Jong Il yang wafat akibat serbuan jantung.

Kim Jong Il sendiri mengambil alih bapaknya, Kim Il Sung yang pula tewas akibat serbuan jantung pada 1994.

Baca pula:

Bantahan Trump serta dukungan China

Presiden Trump pada dini minggu ini pula menolak laporan kalau Kim sakit. Seseorang pejabat yang dekat dengan intelijen AS pula berkata jika pemerintah tidak dapat merumuskan kalau Kim hadapi sakit parah.

Tetapi, walaupun telah dibantah, rumor tentang Kim wafat makin santer terlebih kala Cina dikabarkan Reuters pada Jumat( 24/ 4/ 2020) mengirim sebagian tenaga medisnya buat menjaga Kim.

Seseorang dokter Cina mengabarkan pada majalah Jepang, Shuken Gendai kalau Kim seketika memegang dadanya serta terjatuh ke tanah kala berkunjung di suatu desa di dini April.

Dokter yang menemani Kim dikala itu bawa Kim ke rumah sakit terdekat serta melaksanakan CPR ataupun resusitasi jantung serta paru- paru yang setelah itu bersinambung pada pembedahan kardiovaskular ataupun bagi media Jepang diucap bagaikan pembedahan cardiac stent.

Siapa calon pengganti Kim Jong Un?

Rumor Seputar Kim Jong Un Meninggal Hingga Sosok Yang Penggantinya

Bila Kim wafat, adik bungsu Kim yang bernama Kim Yo Jong hendak mengambil alih laki- laki itu. Ia anak sangat muda dari perkawinan Kim Jong Il dengan seseorang perempuan bernama Ko Yong Hui yang melahirkan Kim serta kakak Kim, Kim Jong Chol.

Tidak hanya jadi asisten Kim Jon Un, Kim Yo Jong pula ialah salah satunya anggota keluarga yang tersisa.

Kim mempunyai kerabat tiri pria yang dibunuh di Malaysia pada 2017 silam. Terdapat juga kakak Kim, Kim Jong Chol dikira kekanak- kanakan buat melaksanakan pemerintahan diktator Korut.

" Hendak sangat luar biasa serta mengejutkan terdapat Pemimpin Besar wanita di situ namun itu tidak hendak berseberangan dengan pandangan hidup mereka," ucap Sung- Yoon Lee, seseorang ahli Korea Utara di School of Diplomacy, Universitas Tufts.

Baca pula:

" Perlunya melindungi kekuasaan dalam keluarga mengalahkan segalanya, tercantum tradisi chauvinisme ataupun kebencian terhadap perempuan di Korea Utara."

Korea Utara, bagi Maxwell, mungkin hendak menutup tiap jengkal perbatasan bila Kim betul- betul tewas.

Serta negeri itu hendak melaksanakan pertemuan secara tertutup buat menunjuk penggantinya.

Baik Kim Jong Un serta kerabat perempuannya sudah menghabiskan sebagian masa kecil mereka di sekolah asrama di Swiss, di mana mereka belajar bahasa Inggris serta lebih merasakan kehidupan Barat.