Kamala Harris Cawapres Pilihan Joe Biden Untuk Melawan Presiden Donald Trump

https://www.newyorker.co

Warnabiru.com - Joe Biden adalah lawan terkuat Presiden Donald Trump pada Pilpres AS pada Selasa, 3 November 2020 kelak. Capres yang viral karena mengutip hadits Nabi Muhammad saat kampanyenya terhadap muslim di Amerika Serikat ini baru saja memilih pasangan cawapres untuk dirinya.

Dia adalah Kamala Harris yang menjabat sebagai senator dari negara bagian California. Dilansir dari kompas.com mantan jaksa agung negara bagian California itu adalah seorang dari Partai Demokrat.

Dia merupakan bukti multikulturalnya rakyat Amerika Serikat. Sebab dirinya adalah wanita kulit hitam pertama dan keturunan India pertama yang menjadi cawapres di Amerika.

Dimana ibunya wanita kelahiran India yang menjadi imigran di Amerika dengan pekerjaan sebagai peneliti kanker payudara. Sedangkan ayahnya adalah profesor ekonomi emeritus Universitas Stanford yang lahir dari Jamaika.
Kalama Harris sendiri selalu bangga dengan darah India miliknya.

Menurutnya nama Kamala dalam bahasa Hindu mempunyai arti bunga teratai. Dimana bunga teratai simbol penting bagi identitas Hindu dan India. Karena teratai selalu di permukaan air namun akarnya tajam ke bawah.

Pasangan Kamala Haris sendiri adalah seorang pengacara dari Los Angeles yang bernama Douglas Emhoff. Dia menikahi pria Yahudi itu pada tahun 2014.

Pasca perceraian yang dilakukan orang tuanya Kamala Harris tinggal di Kota California. Di kota yang identik dengan Partai Demokrat itulah Kamala Harris memupuk jiwa politiknya. Disana dia aktif dalam lingkungan sekaligus memulai karier politiknya hingga menjadi senator negara bagian.

Penunjukan Kamala Harris sebagai cawapres oleh Joe Biden pada 12 Agustus 2020 kemarin dianggap keputusan tepat. Karena sosok Kamala Harris dikenal sebagai sosok tegas. Salah satunya adalah penolakan dirinya terhadap hukuman mati.

Dibuktikan tidak lama menjabat sebagai senator negara bagian dia mengumumkan tidak akan mengajukan hukuman mati terhadap tersangka yang dituduh membunuh petugas polisi.

Hal ini tentu membuat hubungan Kamala Harris dengan beberapa polisi di wilayahnya merenggang. Namun dalam beberapa waktu hubungan itu normal kembali.

Sebagai Jaksa Agung California pada tahun 2020 Kamila Harris berada dalam keputusan sulit. Karena dia mendapatkan tekanan politik secara administrasi dari Presiden Barrack Obama.

Karena dia harus menyelesaikan gugatan nasional terhadap dirinya. Atas kasus pinjaman hipotek yang diduga tidak adil. Dimana program hipotek ini pada masanya adalah program kerja unggulan Presiden Barrack Obama.

Selama menjadi senator negara bagian kamala Harris dikenal sebagai tokoh yang menyerukan reformasi imigrasi, peradilan pidanan, kenaikan upah dan perlindungan hak perempuan.

Terkait Presiden Donald Trump nama Kamalla Harris mencuat setelah pada Juni 2017 dalam sesi tanya jawab di komite inteljen. Dia memberondong pertanyaan kepada Jaksa Agung AS Jeff Sessioins terkait dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan Presiden AS 2006.