Cara Edit Video YouTube Secara Online - Panduan Dasar Untuk Pemula

Cara Edit Video YouTube Secara Online - Panduan Dasar Untuk Pemula
Cara Edit Video YouTube Secara Online - ( Sumber : Pixabay.com )

WARNABIRU.com - Ketika seseorang mulai berpikir untuk membuat konten video, maka YouTube adalah salah satu tempat terbaik yang bisa dicoba. Situs video terbesar ini memiliki editor online gratis yang dirancang oleh YouTube Studio untuk pembuatnya.

Nah, jika Kamu adalah seorang pemula yang ingin membuat konten Youtube, ini adalah cara yang baik untuk melihat cara kerja dasar edit video YouTube secara online .

Cara Edit Video YouTube Secara Online - Panduan Dasar Untuk Pemula

BACA JUGA:

Langkah pertama: Masuk ke YouTube Studio

Cara Edit Video YouTube Secara Online - Panduan Dasar Untuk Pemula

Pertama, Kamu harus masuk ke YouTube Studio dengan akun Google. Setelah Kamu masuk, pergi ke sidebar kiri.

Langkah kedua: Buka "Konten" dan unggah video

Di sini Kamu akan menemukan opsi "Konten", klik di atasnya. Klik pada thumbnail video yang sudah Kamu unggah.
Jika Kamu belum melakukannya, pertama buka opsi "Unggah" dan pilih video dari komputer Kamu atau perangkat lain yang Kamu gunakan untuk mengedit. Tunggu beberapa menit saat video sedang diunggah ke YouTube. Setelah vifeo berhasil diunggah, klik pada video untuk membuka "Detail video"

Langkah ketiga: Pilih video dan buka "Editor"

Di bilah sisi kiri, kamu akan melihat opsi "Editor", klik di atasnya. Ini akan membuka suite pengeditan video YouTube Studio. Di sini, Anda dapat mulai menyesuaikan video Anda.

Langkah ke 4: Edit video dengan trim dan split

Pertama, mulailah dengan pemotongan video. Kamu dapat memilih opsi ini jika ingin menghilangkan beberapa adegan video yang tidak perlu atau ingin membuatnya lebih pendek agar terlihat ringkas dan jelas. Pilih opsi "Potong", posisi tepat di atas panel garis waktu, dan di sebelah waktu video. Di sini, garis biru dan putih disediakan untuk memotong bagian yang tidak ingin Kamu lihat di dalam video. Seret bagian awal atau akhir jika Kamu tidak ingin menyertakan bagian awal atau akhir. Namun, jika ingin menghilangkan klip tertentu yang mengganggu pada bagian tengah video, Kamu dapat gunakan opsi "Split".

Setelah kamu berhasil memotong bagian video yang tidak diinginkan, lihat versi akhirnya dengan memutar "Pratinjau" video tersebut. Jika Kamu puas dengan tampilan di Video yang diedit, klik "Simpan" untuk lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah kelima: Tambahkan "Layar Akhir" Video

Untuk mendorong pemirsa agar tetap berada di channelmu Kamu dapat, menggunakan fitur "Layar Akhir" di dalam video. Dengan opsi ini, Kamu dapat menambahkan video terkait, daftar putar, dan meminta pemirsa untuk berlangganan saluran YouTube Kamu ketika video diputar mendekati titik akhir.

Klik pada "+" untuk "Tambah Elemen" pada trek "Akhiri adegan". Temukan di kiri bawah panel timeline. Kemudian pilih jenis elemen yang ingin kamu tambahkan.

Langkah keenam: Simpan hasil edit Anda

Simpan hasil edit, dan kamu siap untuk pergi! Ini adalah bagaimana kamu dapat melakukan beberapa pengeditan video dasar di YouTube. Di panel Timeline, kamu juga dapat menambahkan suara/musik langsung dari perpustakaan YouTube, atau jika Kamu ingin menggunakan musik yang diunduh, Kamu memiliki alternatif ini.

Bagaimana Membuat Video yang Lebih Baik?

Jika Kamu ingin lebih dari sekadar memotong dan menambahkan layar akhir video, Kamu harus memiliki alat penyunting video YouTube yang lebih spesifik. Kamu harus memahami fitur dasar, proses, dan elemen apa saja yang dibutuhkn untuk mengedit sebuah video.

Itulah artikel mengenai cara edit video YuuTube secara online untuk pemula. Bagaimana menurut Kamu. mudah bukan? Dari sini jika kamu ingin menanyakan sesuatu jangan ragu untuk meninggalkan komentar. Selamat mencoba!