5 JENIS OLAHRAGA YANG BAGUS UNTUK MENGOPTIMALKAN GULA DARAH

5 JENIS OLAHRAGA YANG BAGUS UNTUK MENGOPTIMALKAN GULA DARAH
Olahraga (Sumber : Canva)

Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan karena pankreas tidak bisa memproduksi insulin. Oleh karena itu, insulin tidak dapat bekerja dengan baik dan optimal pada tubuh.

Akibatnya, kadar gula atau glukosa di dalam darah akan meningkat. Olahraga merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan kembali kadar gula dalam darah.

Berolahraga secara rutin sangat penting bagi kesehatan, apalagi pada penderita diabetes. Olahraga dapat membantu menormalkan kadar gula darah dalam tubuh.

Meskipun dianjurkan untuk berolahraga, penderita diabetes harus menyesuaikan kondisi kesehatannya dengan jenis olahraga yang dilakukan. Lalu, apa saja jenis olahraga yang tepat untuk menormalkan gula darah Anda? Mari simak artikel berikut!

5 Jenis Olahraga yang Bagus Untuk Mengoptimalkan Gula Darah

Olahraga dan pola makan yang sehat merupakan salah satu kunci dalam menjaga kestabilan gula darah. Lemak di dalam tubuh menjadi berkurang dengan berolahraga, serta dapat meningkatkan kesensitivitasan dari insulin sehingga dapat bekerja dengan optimal.

Berikut 5 jenis olahraga yang bagus untuk mengoptimalkan gula darah Anda:

1. Tai Chi

5 JENIS OLAHRAGA YANG BAGUS UNTUK MENGOPTIMALKAN GULA DARAH
Tai Chi ( Sumber : Canva)

Tai Chi merupakan salah satu jenis olahraga yang bagus untuk mengoptimalkan gula darah. Olahraga ini dilakukan secara lambat dan rileks, serta dipadukan dengan teknik pemanasan yang khusus.

Olahraga tai chi sangat bagus untuk penderita diabetes dikarenakan efek yang positif. Salah satunya adalah membuat tubuh menjadi bugar sehingga gula darah pun bisa stabil.

2. Bersepeda

5 JENIS OLAHRAGA YANG BAGUS UNTUK MENGOPTIMALKAN GULA DARAH
Bersepeda (Sumber: Canva)

Jenis olahraga yang bagus untuk mengoptimalkan gula darah selanjutnya adalah bersepeda. Kegiatan bersepeda merupakan jenis olahraga yang sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes karena mereka sering mengalami radang sendi.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk bersepeda di luar rumah, Anda bisa menggunakan sepeda mesin atau stationary bike.

Lantas berapa lama Anda harus bersepeda setiap harinya? Olahraga bersepeda sebaiknya dilakukan selama 30 menit per harinya dan dilakukan selama 3 sampai 5 hari dalam seminggu.

Selain dapat menurunkan kadar gula dalam darah, bersepeda secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan tanpa adanya nyeri pada sendi.

3. Jalan Kaki

5 JENIS OLAHRAGA YANG BAGUS UNTUK MENGOPTIMALKAN GULA DARAH
Jalan Kaki( Sumber: Canva)

Jalan kaki merupakan jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Anda tidak butuh peralatan apa pun dalam melakukan olahraga ini.

Cukup berjalan kaki secara rutin dalam waktu 30 menit per harinya selama 5 hari dalam seminggu. Aktivitas ini dapat mengurangi kadar gula darah serta menurunkan berat badan secara optimal.

4. Menari

5 JENIS OLAHRAGA YANG BAGUS UNTUK MENGOPTIMALKAN GULA DARAH
Menari( Sumber : Canva)

Tidak semua orang mungkin mengetahui bahwa menari juga termasuk dalam jenis olahraga yang dapat mengoptimalkan gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, menari bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Anda dapat menari selama 25 menit per harinya, sebanyak 3 kali dalam seminggu. Tidak hanya dapat menurunkan gula darah, menari juga mengurangi stres dan membakar kalori dalam tubuh.

5. Naik Turun Tangga

5 JENIS OLAHRAGA YANG BAGUS UNTUK MENGOPTIMALKAN GULA DARAH
Naik Turun Tangga ( Sumber : Canva)

Olahraga terakhir yang dapat mengoptimalkan gula darah yaitu naik turun tangga. Naik turun tangga dapat dilakukan di mana saja, baik di rumah ataupun di kantor yang memiliki tangga.

Pemanfaatan fasilitas tangga ini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cukup lakukan secara rutin selama 3 menit dan 1 sampai 2 jam setelah makan, dilakukan maksimal 5 kali dalam seminggu.

Itulah 5 jenis olahraga yang dapat mengoptimalkan gula darah, mulai dari naik turun tangga, jalan kaki, tai chi, menari dan bersepeda. Namun jika Anda ingin menurunkan gula darah secara cepat cukup konsumsi ramuan herbal Bio Insuleaf atau dapat kunjungi akun Instagram @bioinsuleaf.official.

Anda juga bisa pesan produk ini di halaman store Tokopedia Bio Insuleaf dan Shopee Bio Insuleaf.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.