Terduga Penghina Agama Apollianaris Darmawan Ditangkap Polisi

https://www.gelora.co/
Warnabiru.com - Apollianaris Darmawan yang memiliki akun Twitter @ApolDarmawan tengah menjadi sorotan karena tuitannya yang diduga menghina agama Islam. Atas perbuatannya yang diduga menghina agama inilah dia diamankan. Penangkapan dirinya viral di media sosial yang dapat dilihat pada Minggu 9 Agustus 2020.
Dilangsir dari detik.com penangkapan tersebut dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin 10 Agustus 2020.
"Jadi hari Minggu kemarin kita tetapkan tersangka dan kita tahan di Sat Reskrim Polrestabes Bandung," ucap AKBP Galih Indragiri.
Di video yang tersebar di media sosial itu terlihat Apollrinaris Darmawan dimasukkan ke dalam mobil oleh petugas kepolisian. Warga yang di lokasi Jalan Jatayu, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, ada yang bertanya kepadanya. " Bapak maksutnya apa pak menghina Islam ?", ucap seorang warga dalam video itu.
Pria lain juga menambahi. "Kamu juga beragama kan, kami tidak pernah menghina agama kamu ya," ucap pria itu.
Atas perbuatannya ini Apollrinaris Darmawan dijerat oleh undang - undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena melakukan ujaran kebencian di media sosial.
"Dari hasil pemeriksaan kita, yang bersangkutan punya ideologi atau pandangan yang lain. Itu yang dicurahkan bersangkutan melalui media sosial ataupun keterangan dibuat dalam video pendek," ucap AKBP Galih Indragiri.
Untuk memperkuat jerat hukum terhadap Apollrinaris Darmawan pihak kepolisian telah menetapkan beberapa barang bukti. "Ada beberapa yang kita jadikan bukti selain dari media sosial juga ada video pendek terkait apa yang disampaikan yang bersangkutan terhadap agama muslim," tutur AKBP Galih Indragiri.