Ini Dia Biaya Cat Mobil Full Body Repaint Terbaru yang Wajib Anda Tahu!

Sedang Populer

Warna Biru Media
Sumber Inspirasi dan berita terpercaya

Warnabiru.com - Bosan dengan nuansa mobil Anda yang itu-itu saja, ingin ganti warna mobil? Tenang, Anda tidak perlu mengganti mobil dengan yang baru, karena Anda bisa melakukan cat ulang body mobil Anda.

Proses pengecatan ini biasanya dilakukan dalam beberapa tahapan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebelum Anda pergi ke bengkel, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis cat dan biaya cat mobil full body repaint.

Selain itu, Anda yang penasaran dengan biaya cat mobil full body mobil dapat mengetahuinya dalam artikel berikut.

Jenis Cat Mobil

1. Cat Dasar Primer

Jenis cat ini berfungsi untuk melapisi body mobil setelah diamplas. Cat primer memiliki sifat anti korosi yang dapat melindungi mobil dari karat. Selain itu, cat dasar primer juga berfungsi untuk menambahkan daya lekat antara dasar metal dengan lapisan cat berikutnya.

Ada beberapa cat dasar primer yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yakni:

• Wash primer

Cat berbahan dasar alkyd resin dan nitrocellulose ini memiliki harga cat mobil yang paling murah. Namun, sayangnya cat primer ini kurang bagus untuk melindungi mobil dari karat.

• Urethane primer

Jenis cat dasar ini terbuat dari bahan polysocynate yang mampu memberikan perlindungan dari korosi sangat baik. Urethane primer juga dapat membuat permukaan mobil menjadi lebih rata dan high gloss.

• Epoxy primer

Epoxy primer adalah cat dasar primer yang berfungsi untuk melindungi logam dari oksidasi. Biasanya cat ini digunakan untuk melapisi plat mobil dengan cara disemprot.

2. Cat Surfacer

Cat surfacer merupakan cat lapisan kedua pada cat mobil full body yang berfungsi untuk mengisi bagian mobil yang penyok ringan atau baret halus. Jenis cat ini terdapat beberapa macam, di antaranya:

BACA JUGA:  Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip

• Lacquer surfacer

Cat ini memiliki bahan dasar nitrocellulose, acrylic resin, dan alkyd. Cat lacquer surfacer memiliki sifat yang lebih mudah kering. Sayangnya, cat ini kurang efektif untuk mengatasi korosi pada mobil.

• Urethane surfacer

Bahan utama jenis cat ini adalah acrylic, polyester, alkyd resin, dan polysocyanate sebagai pengeras.

Berbeda dari jenis cat pertama, cat urethane membutuhkan proses pengeringan yang cukup lama dengan suhu di atas 60 derajat Celcius. Namun, cat ini memiliki lapisan yang cukup bagus untuk membuat body mobil tahan korosi.

• Thermosetting amino alkyd surfacer

Cat ini memiliki bahan utama alkyd resin dan melamin yang biasa digunakan sebelum menyelesaikan tahap akhir pengecatan body mobil.

3. Top Coat

Top coat merupakan pelapis cat mobil yang terakhir. Lapisan ini akan menentukan apakah body mobil akan menjadi doff atau glossy.

Setelah digunakan top coat, mobil juga akan dilapisi kembali menggunakan coating bening yang berfungsi untuk memperkuat warna mobil serta melindunginya dari kerusakan.

Clear coat ini memiliki kandungan anti UV yang dapat melindungi mobil dari paparan sinar UV. Jadi, cat mobil Anda akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak akibat paparan sinar ultraviolet.

Biaya Cat Mobil Full Body Mobil

1. Cat mobil full body di bengkel resmi

Pengecatan ulang mobil di bengkel cat mobil resmi lebih mahal dibandingkan cat mobil di bengkel umum. Namun, harga yang ditawarkan tentu sebanding dengan kualitas yang dihasilkan, karena bengkel resmi jelas lebih mengetahui teknik pengecatan mobil sesuai mereknya.

Biasanya, kisaran harga pengecatan tersebut bergantung pada merek mobil yang akan dicat. Misalnya, biaya pengecatan mobil Toyota di bengkel resmi dipatok harga mulai dari Rp7.000.000 hingga Rp17.000.000. Biaya cat ini juga dipengaruhi oleh ukuran mobil Toyota tersebut.

BACA JUGA:  Kira-Kira Apa Saja Perbedaan Gojek Dan Grab? Berikut Ulasan Lengkapnya

2. Cat mobil full body di bengkel umum

Berbeda dengan pengecatan mobil di bengkel resmi, pada bengkel umum ini biasanya dipatok dengan harga yang lebih murah. Pengecatan mobil di sana umumnya menggunakan teknik cat oven atau dilakukan dengan memanfaatkan panas matahari.

Oleh sebab itu, Anda harus memilih jenis cat yang lebih cepat kering, agar selama proses pengeringan body mobil tidak terkena partikel-partikel yang dapat merusak permukaan cat.

Biaya cat mobil di bengkel umum bergantung pada jenis cat yang digunakan. Kisaran harganya mulai dari Rp4.000.000 hingga Rp9.000.000.

Itu dia ulasan mengenai jenis cat mobil dan kisaran biaya cat mobil full body yang dapat Anda jadikan inspirasi sebelum melakukan repaint mobil Anda.

Jika Anda memilih melakukan pengecatan ulang mobil pada bengkel umum, pastikan Anda telah memilih bengkel terpercaya yang dapat memberikan hasil memuaskan.

 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sedang Populer