Giring 'Nidji' Mendeklarasikan Maju Sebagai Calon Presiden 2024

https://nasional.kompas.com/

Warnabiru.com - Giring Ganesha 'Nidji' yang merupakan pelaksana tugas (PLT) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi memberanikan diri maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut sekaligus merupakan klarifikasi dari nama Giring yang akhir - akhir ini banyak menghiasi baliho besar di berbagai kota besa Indonesia. Dimana di baliho besar itu menampilkan foto Giring dan narasi " Giring Untuk Presiden 2024" yang dilengkapi dengan foto lambang partai PSI.

Hal tersebut dibenarkan oleh vokalis band Nidji itu di akun Instagramnya. Dalam video yang diunggah pada Senin, 24 Agustus 2020, menjelaskan dia berminat maju menjadi Capres 2024.

"Ya, saya memang memberanikan diri untuk maju sebagai calon presiden di 2024," ucap Giring Ganesha.

Dalam video yang diperkirakan berdurasi 9 menit itu banyak alasan mengapa Giring Ganesha berani maju menjadi Capres 2024. Seperti ingin ikut menentukan arah masa depan bangsa.

"Bagi saya dan jutaan anak muda lainnya ada 2 pilihan, diam dan melihat orang lain menentukan arah masa depan, atau turun dan terlibat menentukan masa depan kita sendiri. Saya memilih untuk turun dan terlibat," ucap Giring Ganesha.

Giring Ganesha berfikiran untuk terjun di dunia politik pasca dirinya melihat carut marut dunia politik saat runtuhnya kekuasaan Presiden Soeharto di tahun 1998.

"Saat krisis 98 karena beban ekonomi yang berat, bapak saya terserang stroke hingga akhirnya meninggal. Salah urus politik pada masa itu membuat keluarga saya dan jutaan anak muda lainnya jadi berat," ucap Giring Ganesha.

Dalam video itu Giring Ganesha juga meminta agar anak muda ikut aktif dalam berpolitik untuk menentukan masa depan bangsa.

"Perlu kita sadari korban pertama dari setiap kegagalan politik adalah kita anak - anak muda karena anak muda punya masa depan yang lebih panjang," kata Giring Ganesha dengan tegas.

Sebagai penutup Giring Ganesha meminta dukungannya kepada masyarakat Indonesia dalam hal agenda dirinya maju sebagai Capres 2024 kelak.

"Izinkan dan beri kesempatan kepada saya untuk melayani seluruh rakyat Indonesia. Saya percaya kita akan bangkit dan berdiri untuk Indonesia yang semakin jaya," pungkas Giring Ganesha.

Giring Ganesha sendiri menjadi PLT Partai Solidaritas Indonesia (PSI) setelah ketua umumnya Grace Natalie, melanjutkan studi ke Singapura. Partai PSI sendiri adalah partai yang didirikan pasca Pemilu tahun 2004. Partai ini mempunyai basis massa yakni dari kalangan anak muda, perempuan dan lintas agama.

Partai yang merupakan pendukung Presiden Joko Widodo ini terkenal karena perjuangannya melarang pejabat negara untuk melakukan poligami apabila sukses masuk ke dalam parlemen.