5 Cara Tingkatkan Privasi di Smartphone Agar Aman dari Hacker

Sedang Populer

Warna Biru Media
Sumber Inspirasi dan berita terpercaya

Dalam era digital yang semakin canggih, melindungi privasi di smartphone menjadi suatu keharusan yang tak terelakkan. Ancaman dari hacker yang selalu mencari celah untuk mengakses informasi pribadi semakin nyata.

Apalagi saat kita mengakses situs yang bersifat pribadi atau sensitif, misalnya mengakses halaman login akun rekening bank, atau mengakses halaman yang memuat cara login m88. Tentunya kita tidak ingin informasi atau riwayat aktivitas internet di smartphone jatuh ke pihak ketiga yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami dan menerapkan langkah-langkah perlindungan yang efektif. Artikel ini akan membahas 5 cara untuk meningkatkan privasi di smartphone Anda sehingga dapat terhindar dari potensi ancaman yang dapat merugikan keamanan data pribadi Anda. Dengan memahami langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan tingkat keamanan smartphone Anda dan menjaga privasi secara optimal.

Menggunakan penutup kamera

Banyak yang tidak menyadari bahwa kamera smartphone merupakan salah satu celah yang dapat digunakan para hacker untuk melanggar privasi kita. Maka menggunakan penutup kamera pada smartphone akan membuat privasi kita lebih aman.

Bahkan, para publik figur seperti CEO Meta Mark Zuckerberg juga menggunakan penutup pada kamera webcam. Menutup kamera perangkat atau webcam bukan hanya langkah pencegahan terhadap ancaman siber, tetapi juga dapat mengurangi risiko terhadap virus dan malware.

Menggunakan screen protector khusus

Cara mudah untuk tingkatkan privasi smartphone agar lebih aman dari mata-mata adalah menggunakan screen protector khusus untuk privasi. Screen protector ini dilengkapi dengan lapisan khusus yang menghalangi pandangan pengguna lain dari sudut yang berbeda saat melihat layar smartphone Anda.

Dengan menggunakan pelindung layar ini, Anda dapat menggunakan smartphone dengan lebih bebas di tempat umum tanpa perlu khawatir bahwa orang di sekitar Anda dapat mengintip layar dan melihat konten yang sedang Anda tampilkan.

Menggunakan physical security key

Physical security key adalah perangkat keras yang memastikan keamanan akses ke smartphone Anda dengan cara yang sangat efektif. Key ini berfungsi sebagai lapisan keamanan tambahan yang memerlukan kehadiran fisik dan interaksi langsung untuk mengakses perangkat. Dengan menggunakan physical security key, risiko akses tanpa izin dapat diminimalkan, memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap potensi ancaman siber.

Menggunakan flip cover

Meskipun mungkin terlihat sederhana, flip cover bukan hanya sekedar aksesori biasa. Flip cover juga bisa menjadi penjaga rahasia yang efektif melindungi notifikasi dan informasi pribadi dari mata yang ingin mengintai. Keunggulan flip cover tidak hanya terbatas pada privasi, namun juga melibatkan aspek perlindungan fisik yang sangat berarti.

Selain menyembunyikan layar dari pengintaian, flip cover juga berperan sebagai perisai pertahanan tambahan dengan melindungi layar smartphone dari benturan dan goresan yang mungkin terjadi sehari-hari.

Menggunakan Faraday Bag

Faraday bag untuk smartphone merupakan wadah pelindung yang didesain untuk menghentikan sinyal elektromagnetik, termasuk panggilan, SMS, dan GPS. Fungsinya yang sangat spesifik ini memiliki manfaat signifikan dalam memisahkan smartphone dari segala bentuk komunikasi eksternal. Dengan memasukkan perangkat Anda ke dalam Faraday bag, Anda dapat secara efektif mengisolasi smartphone dari paparan sinyal yang dapat dimanfaatkan oleh pihak luar untuk tujuan peretasan, pelacakan, atau pencurian data.

Selain menjadi tameng efektif terhadap upaya peretasan, penggunaan Faraday bag juga memberikan keamanan tambahan terhadap risiko pencurian data. Dengan menonaktifkan sinyal, tas ini menciptakan lingkungan aman yang mencegah akses tidak sah ke informasi pribadi pada smartphone.

BACA JUGA:  HAM Desak Perlindungan Privasi Saat Lakukan Tracing COVID-19

 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Rekomendasi Untuk Anda

Sedang Populer