5 Aplikasi Pembuat Music di Smartphone yang Bisa Kamu Coba

Warnabiru.com - Ingin membuat karya music sendiri namun tidak punya laptop / PC ? Kamu bisa coba aplikasi pembuat music di smartphone terbaik yang akan kami ulas pada artikel ini.

Perkembangan teknologi telah membuat segala macam urusan jadi lebih mudah, termasuk kemajuan alat komposer music digital. Jika dulu seseorang membutuhkan perangkat laptop / PC untuk membuat music, kini pekerjaan tersebut bisa dioprasikan melalui perangkat smartphone.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari aplikasi untuk membuat karya music sendiri, berikut 5 Aplikasi Pembuat Music di Smartphone yang bisa kamu coba.

1. FL Studio Mobile

aplikasi pembuat music android
Preview FL Studio mobile. Source Playstore

Bagi seseorang kreator musik digital, nama ini pasti tidak asing lagi, karena FL Studio merupakan salah satu sofware pembuat music paling populer. Selain dikenal memiliki banyak fitur unggulan, beberapa orang menilai FL  Studio sangat user friendly. Produk canggih yang dulunya hanya bisa di oprasikan melalui komputer ini sekarang juga bisa dijalankan di perangkat Android. Berikut contoh lagu yang dibuat dengan FL studio oleh kreator Warna Biru Music.

FL Studio bisa digunakan dengan memasang dan membeli aplikasinya di playstore. Meski harus merogo kocek sebesar 14 USD untuk menggunakan aplikasi ini, menurut kami fiturnya terbilang cukup memuaskan untuk membuat proyek dasar atau kerangka lagu. Untuk hasil yang lebih bagus, Kamu juga punya versi desktop karena fiturnya lebih lengkap dan hasil masteringnya lebih bagus.

2. Stagelight

aplikasi pembuat music di smartphone
Source: apkpure.com

Stagelight adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang merancang musik sendiri dan belajar cara membuat musik. Sayangnya aplikasi ini hanya bekerja di tablet dengan sistem android saja. Jadi jika kamu bukan pengguna tablet silahkan coba aplikasi yang lain.

Dari tampilan utama aplikasi ini, pengguna bisa cepat mengakses bagian-bagian utamanya yang meliputi, area pembelajaran dan area kreasi. Di area pertama, Kamu dapat mengetahui cara menggunakan beberapa alat yang berbeda di aplikasi, dan yang paling penting, Kamu bisa belajar cara membuat musik nyata menggunakan aplikasi.

Dari area pembuatan, Kamu dapat membuat musik menggunakan tampilan yang relatif sederhana. Sehingga tidak sulit untuk membuat, mengedit, dan menambahkan loop musik ke bagian mana pun. Di sini pun tersedia puluhan alat musik virtual yang bebas kamu gunakan.

3. PocketBand

Aplikasi pembuat music di smartphone
Source: pocketband.net

PocketBand adalah aplikasi untuk menciptakan musik di perangkat Android. Dengan memasangnya kamu dapat menciptakan lagu dan mempublikasikan lagumu ke manapun.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang akan membantumu menciptakan lagu, termasuk pengulang (sequencer) berbasis kanal 12 putaran (untuk menerapkan puluhan efek yang ada), perekam suara (termasuk peredam kebisingan), sebuah penyintesis polifonik (dengan lebih dari 120 instrumen), drum dengan 35 kit (masing-masing berisi 17 komponen), modulator dengan berbagai filter, dan masih banyak lagi.

PocketBand adalah aplikasi yang sangat lengkap untuk menghibur para penggemar musik dan bersenang-senang selama berjam-jam. Versi yang dapat dinduh adalah versi RINGAN, yakni fitur yang lebih sedikit daripada versi lengkap, namun masih menyajikan ide yang sangat baik mengenai seperti apa program yang lengkap nantinya.

4. Music Maker JAM

Aplikasi pembuat music di smartphone
Source: play.google.com

Music Maker Jam adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang menciptakan musik langsung dari perangkat Android. Kamu juga dapat berbagi lagu yang dibuat dan mendengarkan komposisi lagu dari pengguna lain.

Ada lebih dari 200 paket gaya musik yang bisa dikerjakan. Editor musik menyediakan mixer delapan pita sehingga Kamu dapat merekam musik langsung dari perangkat Android. Satu-satunya yang dibutuhkan untuk menciptakan tema musik adalah sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan antar muka aplikasi dan bakat yang Kamu miliki.

5. Caustic 3

aplikasi pembuat music di smartphone
Source: play.google.com

Caustic 3 adalah alat kreasi musik yang terinspirasi oleh synthesizer / rig sampler rack-mount. Semuanya real-time dan dioptimalkan untuk perangkat seluler. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat libary music dengan 14 mesin dari pilihan dengan dukungan mastering yang canggih.

Meski dikenal memikiki fitur yang banyak cara membuat lagu di aplikasi ini terbilang cukup sulit bagi pemula. Kamu harus menyesuaikan diri dengan tampilan aplikasi sebelum bisa mahir menggunakannya.

Nah, itulah daftar aplikasi pembuat music di smartphone yang bisa kalian coba. Apa tools pembuat music yang paling kamu sukai? Bagikan di komentar.