Terpilih Menjadi Peserta, Kapan Kartu Prakerja Bisa Digunakan?

Pendaftaran kartu Prakerja gelombang pertama telah ditutup kamis, 16/04/2020 dengan jumlah 200.000 perserta yang lolos.

Peserta yang terpilih nantinya akan dihubungi dihubungi melalui email, SMS atau Peserta bisa langsung mengecek status kelolosan melalui dasbor akun prakerja masing-masing.

Kapan kartu Prakerja bisa digunakan

Dilansir dari Liputan6.com, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky, menyatakan bahwa pihaknya akan mengusahakan dana pelatihan peserta program Kartu Prakerja yang lolos gelombang I ditransfer pada hari Senin (20/4/2020) dan Selasa (21/4/2020).

Dirinya menyatakan, saat ini pihaknya masih melakukan proses verifikasi pendaftaran peserta dan pengalokasian Kartu prakerja untuk mereka yang lolos tahap awal.

"Gelombang I masih proses, akan mulai diumumkan hari ini dan besok pagi secara bertahap. Setelah dapat bantuan itu, mereka bisa akses pelatihan. Kami berupaya sekeras mungkin, kerja besok pagi untuk memastikan alokasi ini lancar," katanya dalam rapat virtual, Senin (20/4/2020).

Panji melanjutkan, untuk peserta yang sudah mendapatkan nomor dan verifikasi, dapat melihat saldo dana pelatihan Selasa pagi, yang akan diumumkan melalui dashboard situs web Kartu Prakerja.

Kata Panji, setelah peserta Kartu Prakerja mendapatkan saldo dana pelatihan yang dimaksud, mereka bisa mengakses berbagai jenis pelatihan yang dibutuhkan, sebagian besar bersifat daring karena menyesuaikan dengan situasi pandemi saat ini.

Saldo tidak bisa diuangkan

Adapun, saldo dana pelatihan tidak akan bisa diuangkan dan harus dibelanjakan untuk pelatihan tersebut.

"Kemudian setelah dapatkan bantuan pelatihan di saldo akun situs Prakerja, mereka bisa mengakses berbagai jenis pelatihan di berbagai platform digital dengan saldo tersebut. Saldo tersebut tidak bisa ditunaikan, hanya untuk beli beragam jenis pelatihan," jelas Panji.

BACA JUGA: Peserta Kartu Prakerja Terima Uang 3,55 Juta Di Transfer Ke Rekening

Untuk insentif, tentu akan diberikan setelah pelatihan selesai dikerjakan oleh peserta. Namun Panji menegaskan, untuk saat ini, pihaknya masih fokus mengalokasikan Kartu Prakerja itu sendiri.

"Setelah selesaikan 1 pelatihan, maka platform akan memberi notifikasi ke kami, lalu kami akan mentransfer bantuan insentif Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Jadi itu prosesnya," katanya.

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!