Deja Vu, Deja Vecu Sampai Deja Senti, Fenomena Otak Yang Mungkin Pernah Kita Alami

Sedang Populer

Warnabiru.com - Fenomena yang terjadi pada otak sudah sejak lama dipetakan oleh para ahli, di antaranya Deja vu, di antara kita, mungkin ada yang pernah mengalaminya atau bahkan baru tahu ada jika istilah tersebut ada kaitannya dengan otak.

Sementara itu, apa sih otak manusia itu? Hellosehat menyebutkan jika otak merupakan organ vital dan kompleks yang dilindungi oleh tengkorak serta selaput otak (meninges).

Terdiri dari sejumlah jaringan serta miliaran sel saraf pendukung yang terhubung dengan sumsum tulang belakang. Bersama dengan sumsum tulang belakang dan saraf, otak menjadi pusat perintah dan sistem saraf manusia.

Sedangkan Neuroscience ilmu yang mencoba mengungkap misteri otak, punya sudut pandang lain tentang otak seperti yang pernah dibahas Prof. dr. Taruna Ikrar, M.D., M.Pharm., Ph.D., 02 dalam laman Surya University.

Otak dikatakan sebagai salah satu organ manusia maha penting, karena sebagai “utama dan yang pertama” serta menentukan kualitas hidup dan kehidupan seseorang, maka pengungkapan tersebut harus dilakukan dengan bantuan-bantuan disiplin ilmu lainnya.

"Fungsi otak begitu kompleks sehingga kajian terhadap otak dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya harus melalui pendekatan lintas ilmu dan holistik, misalnya, kesehatan, psikologi, ekonomi, sosial, budaya, politik, teknologi, dan lain sebagainya," papar Prof Taruna.

Karena punya posisi penting dan spesial tersebut, laman tesbakatindonesia juga pernah menuliskan tentang fenomena aneh pada otak yang pernah diteliti ahli dan sekarang akan kita bahas 6 saja, di antaranya:

1. Deja Vu

Istilah Deja Vu pasti sering sangat kita dengar, tentang perasaan yang yakin pernah mengalami atau menyaksikan sebuah peristiwa beberapa waktu sebelumnya. Dan, ketika terjadi hari ini, kita akan merasa, kejadian tersebut sudah pernah terjadi, seperti terulang kembali.

BACA JUGA:  BMKG Juanda: Waspada Hujan Pagi Hari Disertai Petir Dan Angin Kencang

Perasaan familiar yang kuat tersebut, kadang dibarengi munculnya perasaan takut dan aneh. Beberapa mengaitkan Deja Vu dengan mimpi, namun ada pula yang menyatakan berasal dari perasaan yang sangat yakin kalau kejadian itu memang sudah pernah terjadi sebelumnya.

2. Deja Vecu

Selanjutnya Deja Vecu, lebih kuat lagi dari Deja Vu yang hanya merasa sudah pernah mengalami kejadian tersebut. Orang yang mengalami Deja Vecu bisa menggambarkan lebih detail lagi, tentang bagaimana bau yang membekas dalam ingatan, suara atau hal detil lainnnya dalam peristiwa tersebut.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sedang Populer