Cara Mengembalikan Limit Akulaku yang Hilang

Cara Mengembalikan Limit Akulaku yang Hilang

Cara Mengembalikan Limit Akulaku yang Hilang, Warnabiru.com -- Ketika Anda sudah membuat suatu akun di platform pinjaman online kekinian yaitu Akulaku, Anda akan mendapatkan sejumlah limit kredit yang Anda bisa manfaatkan untuk membeli suatu barang atau produk yang Anda inginkan.

Limit kredit tersebut akan semakin bertambah dari waktu ke waktu tergantung reputasi pemilik akun dalam penggunaan akun Akulaku yang dimilikinya. Hanya saja, terkadang tidak semua pengguna akun Akulaku mendapat pelayanan yang mulus.

Beberapa ada yang mengaku bermasalah dengan limit Akulaku yang hilang. Lantas sebenarnya apa penyebab limit Akulaku hilang dan bagaimana cara mengembalikan limit Akulaku yang hilang? Disini kami akan ulas informasi selengkapnya untuk Anda.

Penyebab Limit Akulaku Hilang

Jika Anda membuka akun Akulaku Anda kemudian mendapati limit Akulaku Anda hilang, jangan dulu panik berlebihan. Telaah dulu penyebabnya.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa limit Akulaku hilang, diantaranya :

Pengguna Akulaku telat dalam pembayaran tagihan

Satu kali saja Anda mengalami keterlambatan pembayaran tagihan, maka dapat dipastikan bahwa fitur KTA kilat tidak akan bisa digunakan. Pada kasus yang parah dalam kaitannya dengan keterlambatan pembayaran tagihan, limit kredit juga akan mengalami penurunan secara drastis bahkan bisa hilang total.

BACA JUGA: Apa Yang Akan Terjadi Jika Telat Bayar Tagihan Akulaku? Ini Resikonya!

Karenanya, pastikan bahwa Anda berusaha untuk senantiasa membayar tagihan Akulaku tepat pada waktunya. Sementara bagi Anda yang terlanjur kehilangan limit karena telat dalam melakukan pembayaran, Anda harus berusaha untuk meningkatkan poin dengan secara aktif melakukan kegiatan transaksi apapun itu di Akulaku.

Mengakses Akulaku dengan menggunakan VPN

Sebagaimana yang kita tahu, VPN adalah kependekan dari Virtual Private Network yang seringkali digunakan untuk menyembunyikan alamat IP jaringan dengan lokasi tertentu. Biasanya pengguna internet menggunakan VPN dalam rangka membuka suatu situs yang dibatasi atau untuk mengakses suatu situs dengan layanan terbatas lokasi.

Jika kemudian Anda memasang aplikasi VPN melalui perangkat smartphone, pastikan bahwa Anda sudah mematikannya dulu sebelum masuk atau mengakses Akulaku.

Hal ini menjadi suatu aspek yang sangat penting karena membuka aplikasi Akulaku dengan menggunakan VPN bisa menjadi penyebab akun Anda mengalami suspend karena terdeteksi login secara tidak wajar. Akulaku tidak memberikan izin akses atas login yang tidak wajar. Jadi hal ini harus Anda perhatikan.

Login beberapa akun melalui device atau perangkat yang sama

Aktivitas login dari beberapa akun melalui suatu perangkat yang sama juga dapat menjadi penyebab mengapa akun Akulaku Anda mengalami banned. Masalah ini juga seringkali dialami oleh pasangan suami isteri, atau keluarga yang sama – sama menggunakan aplikasi Akulaku dengan akun yang berbeda dalam satu perangkat device yang sama.

Mereka biasanya membuka akun yang berbeda bergantian melalui perangkat atau smartphone android yang sama. Akibatnya Akulaku akan menilai tindakan tersebut sebagai suatu tindakan yang tidak wajar.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang suka membeli HP bekas pengguna Akulaku. Jika HP bekas pengguna yang dijual tersebut pernah digunakan dalam transaksi Akulaku dan pemiliknya memiliki tunggakan yang belum dibayar, bisa – bisa akun yang Anda miliki dan diakses dari perangkat yang sama dari HP tersebut akan mengalami imbasnya.

Karena itu Anda harus berhati – hati dalam penggunaan akun dan sekaligus pembayaran cicilan. Agar semuanya bisa lancar dan Anda juga tidak dikepung penagih, pastikan Anda selalu lancar membayar tanggungan atau cicilan Anda.

Masalah bug atau kesalahan sistem

Masalah yang satu ini juga sering terjadi. Beberapa client pernah mengalami masalah ketika membayar tagihan Akulaku yang dimilikinya 3 hari sebelum jatuh tempo. Setelah tagihan berhasil dibayarkan dengan menggunakan virtual account di malam hari, kemudian masalah muncul.

Masalah pada salah satu client Akulaku tersebut mulai muncul ketika tagihan tidak hilang sampai lewat jatuh tempo pembayaran padahal kondisinya 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo tagihan sudah dibayar.

Benar saja akhirnya, masalah terjadi. Setelah masa jatuh tempo sudah terlewati pada akhirnya member ditelepon oleh pihak penagih Akulaku dengan pemberian informasi tagihan belum dibayar. Padahal tagihan atas nama client tersebut sudah dibayarkan.

Lantas, apakah masalah semacam itu bisa ditanggulangi?

Kabar baiknya, jika ada diantara client yang mengalami masalah serupa, Anda masih bisa menanggulanginya. Caranya adalah dengan Anda melakukan konfirmasi kepada pihak Akulaku dengan menghubungi nomor customer service dan lampirkan bukti pembayaran Anda.

Atau Anda juga bisa mengirimkan email ke email Akulaku dan lampirkan bukti pembayaran Anda disana. Dengan begitu Akulaku akan melakukan crosscheck atas laporan Anda tersebut. Baiknya setelah Anda melakukan pembayaran, jangan dibuang dulu bukti transfer tersebut. Jika perlu kumpulkan semua bukti transfer dari pembayaran pertama sampai pembayaran terakhir untuk berjaga – jaga.

Terjadinya gangguan sistem Akulaku

Kalau masalah ini bukan terletak pada kesalahan client atau debitur Akulaku. Melainkan kesalahan pada sistem. Jadi sebenarnya tidak ada kaitannya dengan debitur. Ketika server Akulaku mengalami gangguan, pengguna tidak akan bisa menggunakan limit kreditnya untuk mengajukan KTA kilat dan bayar dengan menggunakan saldo limit.

Hal yang sama juga berkemungkinan terjadi jika server Akulaku sedang mengalami peningkatan sistem atau maintenance. Tak ada yang Anda bisa lakukan dalam mengatasi masalah ini, kecuali Anda menunggu sampai gangguan atau proses peningkatan sistem Akulaku selesai. Jadi pastikan Anda harus bersabar untuk melakukan transaksi.

BACA: KTA Kilat AkuLaku Tidak Bisa Cair Karena Gangguan

Masalah gangguan pada sistem sendiri bisa datang kapan saja. Sementara upaya peningkatan sistem yang dilakukan Akulaku seringkali terjadi di waktu malam hari atau di hari libur. Jadi jika Anda tidak dapat menggunakan limit kredit di hari libur atau di malam hari, Anda perlu coba kembali di jam dan hari kerja untuk menggunakan limit kredit tersebut.

Hindari metode pembayaran Akulaku melalui marketplace

Ada banyak kasus dimana seseorang melakukan pembelian barang di bukalapak dengan metode pembayaran kredit melalui Akulaku. Transaksi tersebut awalnya terlihat seperti baik – baik saja sampai order mereka terdeteksi sebagai transaksi yang mencurigakan.

Pada akhirnya karena transaksi terdeteksi sebagai sebuah transaksi yang mencurigakan, pihak bukalapak membatalkan semua transaksi yang berkaitan dengan orang tersebut. Setelah pengguna melakukan complain atas pihak Akulaku tentang masalah transaksi mencurigakan yang mengakibatkan pembelian di Bukalapak ditolak, pihak Akulaku malah memberikan suspend atas akun dan limit kredit pengguna tersebut.

Yang menjadi masalah kasus semacam ini merugikan banyak orang dan belum jelas tentang seperti apa kelanjutannya. Karena itu, baiknya Anda ikuti terus perkembangan kasus tersebut di berbagai forum yang bertebaran di internet. Jangan sampai ketinggalan.

Agar resiko yang seperti itu tidak terjadi pada akun Akulaku dan limit kredit Akulaku Anda, pastikan Anda jangan sampai melakukan kesalahan seperti diatas.

Jadi bagi pengguna kredit Akulaku, pastikan jangan sembrono dan pastikan Anda melakukan prosedur transaksi yang sesuai agar tidak mengalami masalah apapun di kemudian hari.

Cara Mengembalikan Limit Akulaku yang HilangCara Mengembalikan Limit Akulaku yang Hilang

Jika kebetulan Anda adalah salah satu pelanggan Akulaku yang mengalami masalah limit kredit yang hilang, ada beberapa solusi yang Anda bisa terapkan sebagai cara mengembalikan limit Akulaku yang hilang.

Yang pertama, Anda harus menaikkan skor kredit Anda di Akulaku. Skor kredit Anda bisa naik ketika Anda melakukan transaksi secara tunai di Akulaku. Salah satu caranya Anda bisa membeli suatu produk di Akulaku.

Ketika Anda sudah mendapatkan skor kredit diatas minimal, baru Anda bisa melakukan pengajuan atas kredit barang Anda. Masalah limit yang tidak bisa digunakan pun bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya dapat terjadi pada pelanggan baru.

Pelanggan lama pun bisa mengalami hal yang sama walau sudah memiliki skor kredit yang bagus dan sudah terverifikasi. Untuk pelanggan yang sudah lama, masalah semacam ini biasanya muncul karena adanya masalah kredit sebelumnya. Salah satu masalah yang seringkali terjadi adalah ketika pembayaran bermasalah.

Ketika pelanggan lama telat membayar angsuran pada kredit sebelumnya, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada pihak Akulaku yang tidak akan memberikan limit lagi. Namun bukan itu masalah satu – satunya. Kemungkinan ada masalah lain juga bisa terjadi.

Dianjurkan agar Anda menghubungi pihak Akulaku tentang masalah tersebut baik melalui customer service, call center, email, twitter atau pun facebook. Anda bisa bertanya tentang akun Anda dan berbagai masalah yang Anda alami melalui nomor customer servicenya.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Memulihkan Limit Akulaku Setelah Telat Bayar Tagihan?

Akan tetapi jika limit Akulaku hilang atau tidak bisa digunakan karena Anda pernah telat bayar, maka yang Anda bisa lakukan untuk mengembalikan limit kredit Akulaku Anda sebagai berikut :

Seringlah menggunakan Akulaku untuk bayar tagihan

Ketika Anda masuk ke aplikasi Akulaku, Anda akan melihat opsi bayar yang terdapat di bagian dashboard aplikasi. Anda bisa menggunakan layanan tersebut untuk melakukan pembayaran berbagai macam tagihan listrik, wifi, PDAM dan yang lainnya.

Hal tersebut diyakini akan sangat membantu dalam peningkatan kredibilitas profil pengguna. Terlebih lagi jika nama yang tertera di rekening listrik, wifi dan PAM yang dibayar adalah atas nama Anda sendiri.

Beli pulsa dan tiket di Akulaku

Cara mengembalikan limit Akulaku yang hilang lainnya adalah dengan menggunakan limit kredit untuk melakukan pembelian tiket, pulsa, voucher indomaret, alfamart dan yang lainnya. Pengguna yang sudah memiliki limit bisa membayar semua keperluan tersebut dengan limit yang tersedia di akun Akulaku dan dapat melakukan pelunasan tagihan di bulan depan.

Seringlah menggunakan Akulaku dalam pembelian produk virtual

Tidak hanya menjual berbagai macam produk fisik, Akulaku juga menjual berbagai produk virtual. Akulaku menjual pulsa, tiket, voucher, dan sebagainya. Nah, salah satu cara mengembalikan limit Akulaku yang hilang dan bisa Anda lakukan adalah membeli berbagai macam produk virtual apapun itu yang dijual di Akulaku.

Tentunya selain bisa mengembalikan limit kredit Anda, membeli produk virtual di Akulaku juga memberikan berbagai macam keuntungan.

Keuntungan lainnya adalah harga produk virtual di Akulaku jauh lebih murah dibandingkan harga yang diberikan toko offline. Keuntungan tambahan yang Anda bisa dapatkan adalah mendapatkan harga potongan atau diskon ketika Akulaku mengadakan promosi besar – besaran.

Seringlah menggunakan Akulaku dalam pembelian produk fisik

Sudah bukan rahasia lagi kalau Akulaku menjual berbagai macam produk fisik. Berbagai macam item atau produk yang tersedia juga sangat lengkap mulai dari perangkat elektronik, aksesoris sampai dengan berbagai alat kebutuhan rumah tangga.

Tak ada salahnya Anda membeli produk tersebut di Akulaku. Anda bisa memanfaatkan moment tertentu misalkan ketika ada promo menarik atau potongan belanja di Akulaku. Dengan cara ini Anda juga sekaligus bisa melakukan pemulihan kredit.

Perbanyak referral atau ajak teman

Semua pengguna Akulaku memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan hadiah dengan cara mereferensikan orang lain untuk turut serta menggunakan Akulaku. Cara mereferensikannya juga cukup sederhana.

Anda hanya perlu membagikan link referral di sosial media, WhatsApp atau blog pribadi Anda. Pengguna nantinya akan menerima hadiah yang akan dibagikan sebanyak 2 kali. Pertama, ketika teman Anda berhasil mendapatkan limit dan yang kedua adalah ketika teman Anda telah menyelesaikan tagihan yang pertama.

Hadiah yang didapatkan dari program referral tersebut bisa berupa saldo yang bisa digunakan untuk memotong semua pembelian produk fisik melalui aplikasi Akulaku.

Jangan terlalu sering melakukan pencopotan pemasangan aplikasi

Jika biasanya Anda sering melakukan pencopotan atas pemasangan aplikasi, sekarang Anda harus biarkan aplikasi Akulaku tetap terpasang lebih lama di perangkat Anda. Hal ini penting karena bisa semakin memperkuat posisi Anda sebagai pengguna loyal.

Jadi jika Anda telah digolongkan sebagai pengguna yang loyal, pihak Akulaku pastinya akan mempertimbangkan kesempatan limit yang lebih tinggi untuk Anda.

Selesaikan semua misi yang tersedia

Meningkatkan limit Anda di Akulaku juga bisa dilakukan dengan menuntaskan misi yang diberikan untuk Anda. Bagaimana caranya?

Caranya cukup mudah. Anda langsung saja buka aplikasi Akulaku kemudian pilih kenaikan limit kredit. Selanjutnya pilih belanja untuk menaikkan limit. Setelah itu klik pada bagian yang bertuliskan selesaikan dan lakukan pembelian untuk memberikan tambahan limit.

Satu hal yang Anda juga perlu ingat bahwa misi yang harus diselesaikan akan berganti dari waktu ke waktu. Jadi silahkan Anda lakukan pengecekan setiap hari untuk semua misi yang tersedia dan tuntaskanlah.

Berikan izin akses lokasi terbaru

Ketika Anda baru masuk ke aplikasi Akulaku, Anda pasti akan sering melihat munculnya notifikasi yang berisi berbagai macam pertanyaan tentang lokasi terbaru Anda saat ini. Jika Anda mendapatkan notifikasi semacam itu, biasakan untuk melakukan konfirmasi lokasi Anda.

Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan profil Anda sebagai pengguna dan pemilik akun Akulaku. Sekaligus penting dalam memberikan data – data yang akurat kepada pihak manajemen Akulaku.

Tambahkan dokumen pendukung

Coba Anda buka aplikasi Akulaku dan pilih dana cicil. Jika dana cicil masih belum bisa dipakai Anda klik pada kotak dialog “tambahkan kredit poin”. Disana Anda akan menemukan skor kredit yang tersedia pada akun Anda.

Kredit poin tersebut nantinya bisa ditingkatkan dengan melengkapi berbagai macam dokumen penunjang baik berupa data – data pekerjaan, hubungan, aset dan sampai kesukaan Anda. Tambahkan juga dokumen tersebut karena akan sangat membantu Anda dalam upaya peningkatan limit kredit secara berkala.

Perbarui basis data serta informasi kontak darurat Anda

Dalam perbaruan basis data sekaligus kontak darurat bisa dilakukan pada menu kenaikan limit kredit. Silahkan Anda lengkapi semua data yang masih belum terisi atau bisa Anda isi ulang data – data yang perlu diperbarui dengan dokumen yang valid.

Selanjutnya Anda bisa kirimkan permintaan tersebut dan tunggu sampai data Anda ditinjau kembali oleh pihak Akulaku secara manual. Biasanya proses ini memakan waktu yang cukup lama tergantung dari seberapa aktif pemakaian akun tersebut. Cara ini juga sangat berguna dalam peningkatan limit kredit.

Selain dapat menjadi suatu cara mengembalikan limit Akulaku yang hilang, cara diatas juga sekaligus menjadi suatu cara yang Anda bisa lakukan untuk meningkatkan limit kredit Akulaku Anda. Jadi jika semula limit kredit Anda hanya 1 juta rupiah, melalui cara diatas maka Anda bisa mendapatkan kenaikan limit kredit up to 2 juta rupiah atau lebih.

Anda bisa manfaatkan limit kredit tersebut untuk membeli apapun yang Anda inginkan atau membayar apapun yang Anda butuhkan. Itulah cara mengembalikan limit Akulaku yang hilang dan informasi penyebabnya. Semoga informasi diatas menjadi ulasan yang menarik untuk Anda.