Cara Mengajukan KTA Indodana

Untuk peminjaman online KTA biasanya cara perhitungan suku bunga yang digunakan adalah suku bunga tetap atau flat. Dalam perhitungannya, jumlah sisa pinjaman tidak perlu diperhitungkan lagi. Selain itu juga ada metode penghitungan bunga efektif.

Dalam perhitungan ini bunga akan dihitung dari jumlah sisa pokok pinjaman yang setiap bulannya akan menurun karena cicilan sudah dibayarkan. Suku bunga efektif ini pada intinya didapatkan dari perhitungan total nilai pinjaman yang belum terbayarkan sementara suku bunga flat didapat dari seluruh jumlah pinjaman.

Akan tetapi tak jarang juga pinjaman KTA ada yang tidak menggunakan perhitungan suku bunga efektif karena dengan perhitungan suku bunga efektif, suku bunganya terlihat sangat tinggi. Karena itu kedua jenis perhitungan suku bunga sangat mungkin digunakan dalam kredit tanpa agunan di Indonesia. Anda harus pelajari dulu sebelum mengajukan KTA.

BACA JUGA: 10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Syarat Pengajuan KTA IndodanaCara Mengajukan KTA Indodana

Jika Anda sudah mempertimbangkan semua plus minusnya dengan meminjam uang secara online dan Anda memang tertarik meminjam uang secara online, ada beberapa syarat yang Anda harus penuhi sehubungan dengan pengajuan KTA di Indodana.

Beberapa syarat pengajuan KTA Indodana yang Anda harus penuhi sebagai berikut :

  • Memiliki pendapatan tetap setiap bulan dengan minimal pendapatan per bulan senilai 3 juta rupiah.
  • Usia pemohon harus berada diatas 21 tahun
  • Usia pemohon harus dibawah 50 tahun ketika masa pelunasan
  • Memiliki KTP dan NPWP
  • Memiliki akun bank atas nama pemohon itu sendiri.

Jika semua itu sudah Anda siapkan, maka besar kemungkinan permohonan yang Anda ajukan akan diterima walau biasanya ada beberapa pertimbangan lain atas diterima atau ditolaknya permohonan Anda.

Faktor yang Mempengaruhi Tingkat KelolosanCara Mengajukan KTA Indodana

Dalam prosedural pengajuan pinjaman, beberapa faktor yang berpengaruh atas tingkat lolos atau tidaknya Anda dalam seleksi pemberian pinjaman sebagai berikut :

  • Data – data yang Anda berikan. Baik foto KTP, foto selfie, akun BPJS, akun e-commerce sampai dengan akun internet banking semuanya harus jelas dan sesuai.
  • Pastikan memberikan foto KTP Anda
  • Foto selfie harus disertakan pada form yang tertera
  • Akun BPJS harus diberikan
  • Akun e-commerce harus ada
  • Akun internet banking harus aktif

Jika semua hal diatas sudah terpenuhi, maka sangat besar kemungkinan Anda akan diterima dalam pengajuan pinjaman yang Anda ajukan. Karena itu pastikan bahwa semua yang Anda butuhkan berkaitan dengan pinjaman online benar – benar Anda upayakan.

Beberapa hal lain yang Anda harus perhatikan sebelum Anda benar – benar mengajukan pinjaman melalui Indodana sebagai berikut :

  • Anda akan mendapatkan beberapa pilihan tenor pinjaman. Pilihan tenor pinjamannya mulai dari 3 bulan (90 hari) sampai dengan 6 bulan (180 hari)
  • Limit pinjaman Anda sampai 8 juta rupiah
  • Suku bunga akan dihitung berdasarkan metode anuitas atau suku bunga efektifnya
  • Suku bunga maksimal tahunan maksimal annual percentage rate sebesar 55%

Cara Mengajukan KTA IndodanaCara Mengajukan KTA Indodana

Bagi Anda yang berniat untuk mengajukan KTA Indodana, ada beberapa cara pengajuan KTA Indodana yang Anda perlu tahu dan pahami. Tata cara mengajukan KTA Indodana sebagai berikut :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah mengunduh aplikasi Indodana lebih dulu. Cek penampakan berikut ini.
  • Bagi Anda yang masih belum punya aplikasi Indodana, Anda bisa mengunduhnya sekarang juga di Google Play Store atau melalui App Store. Namun bagi Anda yang sudah punya aplikasi Indodana, Anda tidak perlu mengunduhnya lagi.
  • Setelah aplikasi Indodana terpasang di ponsel android atau di iPhone Anda, buat akun Anda yang baru di aplikasi tersebut.
  • Jika sudah memiliki akun, login saja ke akun Anda.
  • Selanjutnya isi formulir pinjaman online sesuai dengan kondisi Anda yang sebenarnya dan disesuaikan juga dengan kebutuhan Anda. Formulir yang Anda harus isi seperti pada gambar berikut ini.Cara Mengajukan KTA Indodana
  • Setelah itu connect akun e-commerce dan sosial media Anda
  • Tunggu proses persetujuan credit analyst
  • Jika semua persyaratan Anda sudah terpenuhi dan pihak Indodana menerima permohonan pinjaman Anda, Anda akan mendapat respon.
  • Tunggu tak lama lagi, maka Anda bisa mencairkan dana yang Anda pinjam.

Jika memang Anda bisa mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan melalui aplikasi Indodana, baiknya Anda melakukan kewajiban Anda sesuai kesepakatan. Pastikan Anda tidak terlambat membayar tagihan, agar Anda juga tidak perlu membayar beban penalty atau beban administrasi tambahan lainnya. Itulah cara mengajukan KTA Indodana beserta informasi terkait yang Anda harus tahu tentang pinjaman Indodana.

BACA JUGA: Platform Pinjaman Online Terbaik Untuk UKM Dan Wiraswasta

Cara Membayar PinjamanCara Mengajukan KTA Indodana

Jika sudah waktu jatuh tempo untuk membayar pinjaman Anda, cara membayar pinjaman di Indodana sangat mudah. Ada beberapa alternatif cara yang Anda bisa manfaatkan untuk membayar pinjaman.

Jika Anda meminjam uang melalui Indodana dan pembayaran pinjamannya Anda ingin lakukan melalui metode pembayaran tunai, Anda bisa langsung datang ke bank untuk membayar. Anda cukup transfer uang cicilan ke nomor rekening virtual account Indodana yang diberikan ketika pinjaman Anda diberikan.

Pembayaran juga bisa dilakukan melalui ATM BCA, Bank BRI, BNI, Mandiri, Permata, CIMB Niaga atau memanfaatkan m-Banking seperti halnya klikBCA, BNI mobile banking, Mandiri mobile, BRI mobile, SMS banking dan yang lainnya. Selain itu, membayar pinjaman Indodana melalui gerai Indomaret juga bisa dilakukan.

Bagi Anda yang mungkin merasa kurang srek dengan cara mengajukan KTA Indodana dan ingin mencari platform pinjaman online lain yang Anda bisa manfaatkan, ada beberapa tips yang Anda harus perhatikan agar Anda menemukan platform pinjaman online yang terpercaya.

Beberapa tips mencari platform pinjaman online terpercaya yang penting Anda tahu dan pahami sebagai berikut :

Pastikan fintech pinjaman sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK

Hal yang paling penting diperhatikan sebelum Anda meminjam sejumlah dana secara online melalui platform pinjaman online adalah memastikan bahwa platform pinjaman online tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.